Jelang USBN MIN 5 Adakan Istighosah dan Basuh Kaki Ibu

Demak – Dalam menghadapi ujian  yang sebentar lagi akan dilaksanakan, pihak madrasah Ibtidaiyah (MI) banyak ragam yang dilakukan, seperti halnya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Demak  mengadakan acara istighosah dilanjutkan dg basuh kaki ibu, yg diikuti oleh seluruh siswa kelas 6 yang berjumlah  85 siswa. Acara dimulai dengan jamaah sholat asyar dilaksanakan di Mushola MIN 5 Demak, Sabtu (23/03).

Kepala MIN 5 Demak,  Mutomimah mengatakan, acara tersebut diselenggarakan dalam rangka untuk kesuksesan Ujian Madrasah, dengan istighosah dan berdo'a kepada Allah dan memohon maaf kepada orangtua khususnya ibu, siswa/siswi akan mendapatkan kelancaran dan kemudahan dalam ujian nanti .

“Disamping itu tujuan diadakan acara tersebut adalah bermunajat kepada Yang Maha kuasa agar ujian berjalan dengan lancar dan para siswa lulus dengan nilai yg memuaskan,” harapnya.

Setelah  acara istighosah dan permohonan maaf,  acara dilanjutkan  basuh kaki yang dilakukan para siswa/ siswi kepada Ibunya masing – masing bertempat dihalaman MIN 5 demak. Acara berjalan dg lancar dan penuh khidmat,  disaat acara basuh kaki banyak ibu yang terharu dan bahkan tidak sedikit ibu-ibu yang dibasuh kakinya oleh anaknya sang ibu menangis tersedu-sedu.

“Hal tersebut akan terus dilakukan oleh kepala MIN 5 Demak karena dengan cara seperti ini anak akan lebih dekat kepada ibu dan sebaliknya,” katanya.

Disamping itu menurut Mutomimah,  kalau ibu dan anak atau sebaliknya benar-benar sudah dekat dalam hubungan batiniyah tentu para wali siswa (Ibu) lebih mudah memotivasi dan lebih mudah mengawasi dalam belajar anak-anaknya.

“Dengan cara seperti itu anak-anak akan mendapatkan prestasi yang luar biasa dan tentu akan membanggakan orang tua,”imbuhnya.

Sedang jadwal pelaksanaan ujian untuk MI tanggal 25-29 Maret 2019 Ujian Praktek, USBN PAI dan Bahasa Arab tanggal 8-10 April 2019, Ujian Madrasah (UM)11-12 April 2019 dan USBN BIMIPA tanggal 22-24 April 2029.(ms./Wul)