Jelang Waisak, Buddha Sasana Dipa Gelar Bazar

Tegal (Slawi) – Sambut Waisak tahun 2018 M / 2562 TB, Wihara Buddha Sasana Dipa Slawi menggelar bazar kuliner. Minggu pagi (6/5) puluhan stan makanan penuhi halaman Wihara. Menu berdaging seperti sate dan soto, sampai camilan kue dan kopi tak luput dari incaran pengunjung. Uniknya, pembelian tidak dilakukan dengan uang tunai, tapi dengan kupon. Pengunjung menukar uang mereka dengan kupon yang disediakan panitia dalam berbagai nominal dari Rp. 5.000 hingga Rp. 50.000 untuk membeli makanan yang ada.

“Ini untuk umum. Sebagai wadah untuk menjalin persaudaraan dengan umat agama lain. Semua makanan yang tersedia halal”, kata Biksu Jotidhamo Mahatera, Kepala Wihara saat membuka acara. “Sesuai tema yang kita angkat kali ini yakni Menggalang Kebersamaan Dalam Kebhinnekaan. Untuk menebarkan suka cita, semoga semua ikut berbahagia”, sambutnya diikuti pelepasan (fangshen) burung-burung dan riuh tepuk tangan hadirin.

Selain itu, ada senam bersama untuk dewasa pada pukul 09.00, ada pula lomba melukis untuk anak-anak yang sudah dimulai satu jam lebih awal. Meriah. “Lima tahun belakangan, bazar seperti ini rutin diselenggarakan menjelang Waisak. Setahun sekali, dari pagi hingga sore”, terang Diana ketua panitia. “Setelah ini, besok (7/5) kita akan mengunjungi panti asuhan dan melakukan bakti sosial”, imbuhnya.

Panitia ramah berkeliling sembari menyapa. Keramaian makin meruah ketika sebuah regu dari Kelenteng Hok Ie Kiong Slawi turut sumbang penampilan. Berkostum ala Punakawan pewayangan Jawa dengan tingkah komedi, hibur pengunjung dan menarik minat untuk swafoto bersama. Kerukunan dan kegembiraan berbaur jadi satu. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. (gap)