Jemaah Calon Haji Karanganyar Berada di Gelombang I, Kloter 40 & 41

Karanganyar – Sebanyak 554 Jemaah Calon Haji (JCH) + 5 orangTPHD asal Kabupaten Karanganyar akan berada di Kelompok Terbang (Kloter) 40 dan 41 SOC pada penyelenggaraan Ibadah Haji RI Tahun 1439H/2018M. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Sunarno di ruang kerjanya, Kamis (31/05).

“JCH Kabupaten Karanganyar tahun ini masuk pada kloter 40 SOC dan 41 SOC. Untuk yang kloter 40 SOC keberangkatan tanggal 28 Juli 2018 dan kepulangan tanggal 09 September 2018. Sedangkan untuk kloter 41 SOC akan berangkat setelahnya namun tetap pada hari yang sama yaitu tanggal 28 Juli 2018 dan kepulangan tanggal 09 September 2018,” ucap Sunarno.

Lebih lanjut Kasi PHU mengatakan bahwa nanti yang akan berangkat dari Kabupaten Karanganyar berjumlah 559 jemaah yang terdiri dari jemaah yang sudah melunasi sebanyak 554 dan ditambah 5 orang TPHD. Jumlah ini mengalami perubahan karena ada beberapa jamaah yang mutasi keluar dan masuk serta meninggal dunia.

“Ada beberapa perubahan terkait dengan jumlah JCH yang akan berangkat dari Kabupaten Karanganyar, hal ini dikarenakan ada beberapa jemaah yang keberangkatannya mutasi keluar dan masuk kabupaten karanganyar serta satu orang meninggal dunia setelah melakukan pelunasan,” lanjutnya.

Sebelumnya, pelunasan ibadah haji reguler tahap I di Kemenag Karanganyar berjumlah 549 orang, dan tahap II berjumlah 9 orang. Dari 558 CJH itu ada 1 orang jemaah meninggal dunia dan 9 orang lainnya mutasi keluar (berangkat keluar) kabupaten. Selanjutnya ada 6 jemaah yang mutasi masuk ke Karanganyar sehingga total JCH dari Karanganyar berjumlah 554 orang ditambah 5 orang TPHD.

Dalam wawancara singkat tersebut, Kasi PHU juga menyampaikan pengumuman jadwal bimbingan manasik haji yang akan dilaksanakan baik oleh Kantor Kemenag, KUA, maupun oleh Pemkab Karanganyar.

Dalam keterangannnya disampaikan bahwa bimbingan manasik bagi Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Karanganyar akan dimulai oleh Pemkab Karanganyar pada tanggal 28 Juni 2018, dilanjutkan bimbingan manasik di tingkat Kecamatan/KUA mulai tanggal 29 Juni – 5 Juli 2018, kemudian untuk tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Juli 2018 dan diakhiri praktek bimbingan manasik pada tanggal 11 Juli 2018 oleh Pemkab Karanganyar.

Di akhir penjelasannya, Kasi PHU yang berasal dari Bekonang Sukoharjo ini menghimbau kepada para JCH asal Karanganyar untuk mempersiapkan diri menuju keberangkatannya. Menjaga kesehatan, membagi waktu yang baik, serta mempersiapkan kebutuhan lainnya menjadi pesan Kasi PHU agar JCH sukses menjalankan Ibadah Haji di tanah suci. (ida-hd/wul)