Junjung Obyektifitas dan Integritas Dalam Tes Petugas Haji

Semarang (PHU) – Pelaksanaan kegiatan rekrutmen petugas haji tahap kedua tahun 1440 H/2019 M pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2019 dilaksanakan di hotel Patra Semarang. Kegiatan ini juga berlangsung secara serentak secara nasional karena bagian dari tahapan rangkaian kegiatan rekrutmen petugas haji tahun ini.

“Hari ini kita akan melakukan satu rangkaian kegiatan estafet kita terkait dengan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440 H/2019 M,” ucap Farhani Kepala Kanwil saat membuka kegiatan, Selasa (05/03).

Dalam seremonial pembukaan ujian, Farhani menjelaskan bahwa terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji mulai dari pendaftaran, keberangkatan ke tanah suci sampai kepulangan kembali ke daerah tidak lepas dari pengawasan oleh beberapa pihak baik itu eksternal maupun internal.

“Bahwa pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji selalu diawasi beberapa pihak seperti DPR, DPD, KPHI. Begitu juga terkait dengan pengelolaan keuangan diawasi oleh KPK, BPK dan dari internal Kementerian Agama diawasi oleh Inspektorat Jenderal,” terang Farhani.

Farhani menegaskan bahwa penyelenggaraan rekrutmen calon petugas haji dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku.

“Sebagaimana Menteri Agama meneguhkan komitmennya dalam penyelenggaraan ibadah haji, dimana ingin melahirkan petugas-petugas mempunyai kemampuan handal untuk melayani jemaah haji,” ujarnya.

“Dimana Obyektifitas dan integritas harus kita junjung tinggi sesuai mekanisme dan prosedur yang ada,” lanjutnya.

Mengakhiri, Farhani memastikan bahwa seluruh peserta rekrutmen petugas haji memiliki kesempatan yang sama menjadi petugas haji dengan persaingan sehat sesuai dengan hasil nilai tes yang diraih masing-masing peserta. Beliau berharap agar seluruh pihak baik peserta maupun panitia harus sportif, konsekuen, dan profesional dalam pelaksanaan seleksi petugas haji tahap kedua. (vd/gt).