Kakankemenag Ajak Pegawai Dawamkan Khotmil Qur’an Mingguan

Jepara – Kementerian Agama Kabupaten Jepara menggelar Khotmil Qur’an di Aula 2 Kemenag Jepara, Jum’at (28/12).

Kegiatan dihadiri oleh para Kepala Seksi serta Penyelenggara, dan juga seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara.

Acara ini merupakan puncak acara khataman Al Qur’an yang dilaksanakan oleh seluruh pegawai melalu media sosial Whatsapp.

“setiap pegawai yang mengikuti grup diwajibkan membaca Al Qur’an sebanyak satu juz dan harus khatam dalam satu minggu. Nantinya apabila semua anggota grup sudah berhasil mengkhatamkan sebanyak satu Al Qur’an penuh, maka akan dilaksanakan Khotmil Qur’an” ujar Mas’amah, Ketua Panitia Khotmil Qur’an.

Mas’amah menyampaikan bahwa khotmil qur’an ini kemungkinan bisa dilaksanakan dalam jangka waktu satu tahun dua kali. Karena setiap grup membutuhkan sekitar 30 minggu untuk mengkhatamkan Al Qur’an.

Sekilas sambutan juga disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, menyampaikan akan pentingnya membaca Al Qur’an sebagai nafas kehidupan dari setiap umat Islam di seluruh dunia.

 “Al Qur’an tidak hanya sebuah buku yang bisa dibaca saja. Namun juga mengandung inti sari agama dan tata cara kehidupan. Al Qur’an sejatinya bisa menjadi penuntun setiap muslimin dan mengarungi hidup di dunia ini. Al Qur’an ibarat pegangan dalam melintasi jembatan kehidupan” tutur Nor Rosyid.

Menurut Nor Rosyid, orang yang mau mendawamkan membaca Al Qur’an akan dijaga akalnya dan dijauhkan dari sifat pikun meski usia sudah bisa dikatakan sangat tua. “Untuk mendawamkan membaca Al Qur’an kita tidak perlu jadi Hafidz Al Qur’an. Cukup hanya dengan membacanya saja sudah cukup. Dan Allah akan menjaga akal kita dari sifat pikun meski usia sudah seratus tahun misalnya” ujarnya.

Nor Rosyid juga mengajak setiap pegawai setia dalam mengamalkan dan membaca Al Qur’an setiap harinya. “kami harap pegawai bisa meresapi, menghayati, dan mengamalkan hakikat serta tujuan diturunkannya Al Qur’an ke bumi ini supaya berguna bagi kehidupannya” tuturnya. (fm/bd)