Kakankemenag : Output Dan Outcome dari Pesantren Menjadi Manusia Yang Berkualitas

Kab. Pekalongan – BAZNAS Kabupaten Pekalongan melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan sesuai dengan hasil rapat koordinasi  dan konsolidasi dalam pembahasan pentasyarufan zakat profesi ASN Kemenag Kabupaten Pekalongan tahun 2021 ini, memberikan bantuan untuk 10 pondok pesantren di wilayah Kabupaten Pekalongan, masing-masing mendapatkan 1 kwintal beras. (Senin, 10/5)

Ketua UPZ yang juga sebagai Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan H. Nurul Furqon menyampaikan, “Mengingat masih di tengah masa Pandemi Covid-19, pemberian zakat untuk fisabilillah pada beberapa pondok pesantren di wilayah Kabupaten Pekalongan ini kami maksudkan untuk meringankan para santri dan pengelola ponpes, karena mereka ikut terdampak dengan pandemi Covid-19 saat ini,” ucapnya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan H. Kasiman Mahmud Desky dengan didampingi Kasubbag TU, H. Muqodam saat acara pencerahan secara simbolis tersebut menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pentasyarufan ini mengingat lembaga pondok pesantren telah terbukti memainkan peran sekaligus memberikan kontribusi penting dalam mencerdaskan kehidupan umat Islam. Lembaga yang menjaga dan menyiapkan santrinya kuat iman dan akhlaknya, melihat kondisi sarana prasarana dan keadaan para santri di ponpes yang sangat terbatas maka perlu perhatian dari semua pihak.

“Walaupun bantuan berupa beras 1 kwintal untuk masing-masing ponpes ini tidak banyak, namun semoga bantuan dari Baznas melalui UPZ Kemenag Kabupaten Pekalongan ini bisa memberikan manfaat kepada santri dan pengasuh serta membawa keberkahan kepada segenap ASN pegawai Kemenag Kabupaten Pekalongan,” harap Kakankemenag.

H. Kasiman Mahmud Desky juga menambahkan, bahwa pondok pesantren harus tetap eksis dan konsisten dalam mendukung sistem pendidikan secara komprehenship, seimbang antara kekuatan jasmani dan rohani, sehingga diharapkan output dan outcome dari pesantren menjadi manusia yang berkualitas baik jasmani maupun rohani, menjadi manusia yang sholeh cerdas dalam pemikiran serta berwawasan luas.

Sementara itu tanggapan dari perwakilan pondok pesantren selaku penerima bantuan beras, yang diwakili oleh Kyai Ahmad Jazuli pengasuh ponpes Kyai Wali Tanduran Paninggaran, menyampaikan terimakasih pada Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan beserta jajaran pengurus UPZ atas donasi zakat profesinya kepada pondok-pondok pesantren khususnya di wilayah Paninggaran. Semoga Allah SWT memberikan balasan lebih banyak dan lebih baik kepada segenap ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Pekalongan.”ujarnya. (Ant/bd)