Kakanwil Ajak Jajarannya Kedepankan 5 Nilai Budaya Kerja

Kebumen – Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di Kebumen, Selasa (14/02) dilanjutkan dengan Pembinaan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen setelah sebelumnya membuka kegiatan Aksioma tingkat Kabupaten di MAN 1 Kebumen.

Pembinaan diikuti oleh pejabat di lingkungan Kankemenag Kab. Kebumen, para kepala madrasah, pengawas, Kepala KUA, penghulu, dan penyuluh agama pagi ini hadir di aula Kankemenag Kebumen guna mengikuti pembinaan pegawai ASN.

Kakanwil mengawali pembinaan dengan berterima kasih atas kontribusi kinerja aparatur kementerian agama yang mampu melaksanakan kegiatan dengan serapan hingga mencapai 94,33% berkat perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terkoordinasi serta pelaporan yang akuntabel. “Ini tidak lepas dari keberhasilan seluruh satker yang telah melaksanakan program dengan baik,” kata Farhani.

Disampaikan pula bahwa seluruh aparatur Kementerian Agama dalam melaksanakan tugas harus berpedoman pada regulasi yang ada, serta mengedepankan 5 Nilai Budaya Kerja, yakni : integritas, profesionalitas, inovatif, bertanggung jawab, dan keteladanan. Budaya kerja, jelasnya, tak lepas dari sistem yang dibangun. Bila sistem yang dibangun baik dan dapat dijalankan sebagaiamana mestinya, maka ia yakin akan membentuk karakter seseorang menjadi baik pula.

Diingatkan kepada ASN agar mereka bisa mengedepankan kompetensi kepribadian dengan akhlakul karimah sehingga mampu memberikan keteladanan bagi teman sejawat dan masyarakat luas. ASN Kementerian Agama yang melanggar norma diancam dengan berbagai hukuman. Kakanwil menjamin seluruh aduan terkait dengan pelanggaran disiplin dan kehormatan akan diproses sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.

“Tidak ada yang bisa menghentikan proses hukum ini,” tegasnya. Untuk itu, lanjutnya, agar jangan coba-coba untuk berperilaku yang melanggar hukum. “Bagi yang sudah terlanjur, taubatlah,” himbau Kakanwil.

Terkait dengan program informasi melalui website, kata Farhani, agar seluruh satker berpartisipasi aktif dengan memberikan kontribusi berita kepada website kanwil agar bisa mendongkrak prestasi menjadi lebih baik. “Publikasi tidak mengurangi keikhlasan, maka jangan ragu untuk menulis berita, prestasi, dan kegiatan yang kita lakukan,” pungkasnya. (fat/gt)