Kakanwil : Jamin Obyektifitas Asesmen

Yogyakarta – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Kanreg I BKN Yogyakarta pagi hari ini (07/11) kembali  menyelenggarakan Asesmen, setelah sepakan kali diselenggarakan asesmen bagi calon pengawas. Asesmen hari ini diselenggarakan bagi calon Kepala Madrasah ibtidaiyah Negeri, diikuti oleh 187 orang. Pembukaan dilaksanakan  di ruang Computer Assisted Test (CAT). CAT dilakukan untuk selanjutnya 187 orang yang akan disaring menjadi 40 orang. Mereka yang lolos akan mengikuti dua  tahap asesmen berikutnya yaitu:  Tes Psikometri, dan  Wawancara teknis.

Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta, Purwanto, hadir menyampaikan sambutan selamat datang, sedangkan asesmen dibuka oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani. Dalam kesempatan itu, Purwanto mengatakan bahwa dalam rangka menjamin merit sistem : 1) kualifikasi, 2) kompetensi, 3) kinerja. Ketiga hal tersebut menjadi landasan dalam manajemen PNS.  Lebih lanjut dikatakan Purwanto, dalam uji kompetensi erat kaitannya dengan aspek manajerial, aspek teknis, dan aspek sosio kultural

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyampaikan terima kasih kepada Kanreg I BKN Yogyakarta yang telah bekerjasama menyelenggarakan asesmen sebagai implementasi UU No. 5/2014 tentang ASN.

“Saya yakin yang hadir saat ini telah memenuhi syarat, tinggal menggali kompetensi untuk memotret diri sehingga bisa diambil gambaran yang tepat untuk penempatan pada jabatan ini,” kata Farhani.

Farhani berharap asesmen ini diikuti dengan sungguh-sungguh, meskipun tidak pula harus tegang. Dia mendoakan semoga seluruh peserta bisa menyelesaikan seluruh asesmen ini dengan sebaik-baiknya. “Saya jamin pelaksanaan asesmen dilakukan secara obyektif,” tegasnya. (fat/gt)