Memupuk Minat dan Bakat Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Literasi Membaca

Instruktur sedang menjelaskan terkait pentingnya literasi membaca dalam kegiatan Bimtek Tindak Lanjut Hasil Aksi MI tingkat Madrasah bertempat di Hotel Horrison, Semarang

Semarang (Humas) – Upaya untuk meningkatkan daya baca siswa, para guru harus memiliki keterampilan dalam literasi membaca agar dapat memupuk minat dan bakat siswa Madrasah.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Instruktur  Bimtek Tindak Lanjut  Hasil Aksi MI tingkat Madrasah, Nurlaila  Wattiheluw yang akrab disapa Ela, bahwa membaca merupakan hal yang sangat penting untuk di dorong sejak dini agar para siswa Madrasah dapat memahami, mengevaluasi, menganalisis serta menyelesaikan permasalahan dalam berbagai jenis teks maupun gambar.

“Gerakan literasi membaca ini sangat penting karena sebagai pondasi dasar siswa Madrasah dalam proses pembelajaran. Siswa yang giat membaca baik itu membaca huruf maupun angka, maka akan muncul bakat dengan sendirinya,” kata Ela.

Selain itu, Ela juga menambahkan bahwa Literasi ini mampu memberikan manfaat bagi siswa untuk menambah wawasan serta memudahkan dalam pemahaman materi yang sedang dipelajari.

Dalam kegiatan ini para guru juga di latih membuat  skenario pembelajaran  agar dapat berjalan efektif  dan tidak membosankan bagi siswa madrasah.

“Para pendidik harus mampu mengembangkan ide-ide yang unik dalam pembelajaran, agar para siswa Madrasah mampu membaca dengan cepat,” sambungnya.

Harapannya dari Bimtek ini adalah kegiatan dapat diterapkan dimasing- masing Madrasah sehingga siswa jadi lebih maju dan berkembang dalam memahami dan menyelesaikan bebagai permasalahan jenis teks maupun gambar. (dian/ali)