Kakanwil Kemenag Jateng Lakukan Kunja ke MTsN Salatiga

Salatiga  – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, H. Mustain Ahmad, S.H., M.H., melaksanakan kunjungan kerja (Kunja) ke Salatiga dalam rangka meninjau pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jenjang MI dan MTs yang bertempat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Salatiga sekaligus memberikan pembinaaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan MTs Negeri Kota Salatiga. Senin (20/9).

Kedatangan Kakanwil disambut langsung oleh Kepala MTs Negeri Salatiga, Drs. H. Mudlofir, M.M. Kepala Urusan Tata Usaha MTs Negeri Salatiga, Mustaghfirin, S.H., dan jajaran guru/pegawai MTs Negeri Salatiga. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S.Ag., M.SI., Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Salatiga, H. Muhammad Miftah, S.Ag., M.H. beserta Pengawas Madrasah, H. Saifudin, M.Pd.  Kegiatan pembinaan berlangsung di Aula MTs Negeri Kota Salatiga.

Dalam laporannya Kepala MTsN Salatiga, Drs. H. Mudlofir, M.M. mengatakan  kondisi terkini MTs Negeri Kota Salatiga, diantaranya MTs Negeri Kota Salatiga telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, juga melaporkan tentang data perkembangan banyak siswa dan rombongan belajar yang ada di MTs Negeri Kota Salatiga. Saat ini, banyak siswa MTs Negeri Salatiga adalah 1.019 siswa terdiri dari 33 rombongan belajar. Dalam kesempatan itu, dilaporkan juga tentang program-program unggulan yang ada di madrasah, yaitu program unggulan tahfidz, sains, dan olahraga.

Sementara itu, H. Taufiqur Rahman, S.Ag., M.SI. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah di Salatiga, khususnya di MTs Negeri Kota Salatiga. Kedatangan Kakanwil adalah kebahagiaan dan memberikan spirit dalam menjalani pekerjaan. Kakankemenag sangat berterima kasih kepada Kakanwil yang menyempatkan diri datang ke Salatiga di sela-sela jadwal kerja yang sangat padat. Terkait dengan kegiatan KSM, Kakankemenag menyampaikan bahwa setiap ada event KSM, Kota Salatiga selalu mengikuti kegiatan tersebut. Kakankemenag juga menyampaikan bahwa dari waktu ke waktu Kota Salatiga selalu berbenah, diantaranya dengan program moderasi beragama yang diharapkan akan segera bisa diserap oleh warga madrasah.

Dalam pembinaan dan pengarahannyanya, H. Mustain Ahmad, S.H., M.H. selaku Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah ingin memastikan bahwa pelaksanaan KSM berlangsung dengan baik. Kakanwil menyampaikan bahwa pada tahun 2020 Provinsi Jawa Tengah merupakan juara umum KSM Tingkat Nasional. “Mempertahankan jauh lebih berat daripada merebut“. Prestasi yang diraih tersebut tidak hadir secara tiba-tiba tetapi tentunya melalui proses dan upaya yang sungguh-sungguh.

Lebih lanjut, beliau juga mengingatkan tentang lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesional, Inovatif, Tanggung Jawab, dan Keteladanan serta menyampaikan slogan “Kemenag Jateng MAJENG”. MAJENG adalah akronim dari Moderat, Akuntabel, JErnih, dan NGayomi. Moderat berarti di “tengah-tengah’, Akuntabel berarti pekerjaan yang dilakukan harus terukur dan dapat dipertanggungjawabkan. JErnih bermakna kesesuaian antara hati, pikiran, ucapan, dan perbuatan. Sedangkan NGayomi bermakna kehadiran Kementerian Agama menjadi pengayom/pelindung seluruh kehidupan umat beragama. (Humas-Matansa.)