Kakanwil Lepas Jalan Sehat HAB Kemenag Klaten

Klaten-Sekitar lima ribu peserta jalan sehat kerukunan umat beragama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten yang memadati lokasi GOR Gelarsena yang dilepas oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dalam rangka menyammbut Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 73 tahun 2019 tingkat Kabupaten Klaten, Rabu (12/12).

Jalan Sehat yang digelar Kemenag Klaten dengan melibatkan peserta seluruh keluarga besar ASN dilingkungan Kemenag Klaten beserta istri/suami dan anak, ASN satker madrasah, guru RA/BA, guru PAIS, IGRA, penyuluh dan keluarga besar KUA  Kemenag Klaten, dengan mengambil start dan finishnya dipusatkan di halaman GOR Gelarsena Klaten.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Farhani dihadapan ribuan peserta jalan sehat  mengatakan, kita keluarga besar Kementerian Agama harus bersyukur, karena institusi Kemenag pernah akan dibubarkan, seiring dengan bergulirnya reformasi birokrasi, untuk saaat ini melalui pemerintah Presiden Jokowi melakukan penguatan institusi Kemenag, dengan cara penguatan dengan mengalokasikan dana pada tahun  2018 sebesar 63 trilyun.

“Ini merupakan anggaran terbesar ke 4 dari semua Kementerian/Lembaga yang ada di negara Indonedia. Saat ini program-program yang dicanangkan Kemenag satu tingkat lebih maju, diantaranya dengan adanya kesejahteraan bagi ASN”, tandasnya.

Dibidang pendidikan, untuk insentif dan TPG guru non PNS akan segera cair, perhatian pemerintah pada ASN selangkah lebih meningkat.

“Pada para penyuluh, bahwa presiden akan segera merealisasikan kenaikan honor penyuluh pada tahun 2019 nilainya sebesar 1 juta rupiah, untuk itulah rasa syukur perlu ditingkatkan,” harap Kakanwil .

Selanjutnya Farhani menyatakan, fenomena masyarakat yang akhir-akhir ini berkembang, seperti ujaran kebencian, berita bohong, perilaku saling menghujat mencaci maki. Jika tidak segera diatasi, maka berpotensi mengkoyak kebhinekaan dan persatuan.

“Semua keluarga besar Kemenag harus mampu menjadi perekat pemersatu umat beragama, sebagai duta kerukunan dengan menebarkan kerukunan dimanapun, memperteguh ASN untuk menjaga Jawa Tengah yang damai dan harmoni,” ajaknya.

Hal senada disampaikan Kepala Kemenag Klaten Masmin Afif, dengan jalan sehat kerukunan umat beragama ini akan meningkatkan kebersamaan media silaturrahim berbagai agama menuju masyarakat yang rukun dan damai.

Masmin Afif berharap melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan kerukunan dan keutuhan  diantara kita, saling mengenal, memahami, peduli, saling menolong sehingga memperkuat jalinan ukhuwah.

Panitia menyediakan kurang lebih sekitar 150 an doorprize. Terdiri dari hadiah utama dan hadiah hiburan, seperti laptop, hp, sepeda, tv, almari es, kompor gas, TV, mesin cuci, kipas angin dan beberapa doorprize yang menarik lainnya dengan diiringi diiringi organ tunggal dari MAN 2 Klaten dan drumband MIN 1 Klaten.(aj/Wul)