Kakanwil Sapa Siswa-Siswi MTsN 1 Pati

Pati (inmas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani menghadiri acara Pembinaan Guru Kelompok Kerja Madrasah (KKM) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pati, Selasa (19/09). Sebanyak 240 guru KKM MTsN 1 Pati menjadi peserta dalam pembinaan yang membahas secara rinci mengenai Kebijakan Kurikulum 2013 revisi 2016.

Dalam kunjungan tersebut Farhani menyempatkan meninjau kegiatan belajar-mengajar siswa-siswi di beberapa kelas. Didampingi oleh Umi Hanik Kepala Madrasah MTsN Winong, Kakanwil menyempatkan melihat langsung proses pengajaran pada kelas bilingual dan laboratorium keterampilan. Farhani terkesan kepada seluruh siswa yang sangat antusias mengikuti proses belajar-mengajar di madrasah.

Kepada beberapa peserta didik Farhani menanyakan alasan kenapa mereka memilih bersekolah di madrasah bukannya di sekolah umum, pada umumnya alasan mereka memilih madrasah karena berharap mendapat pendidikan Agama yang lebih baik.

“Coba anak-anak nanti berikan alasan kepada saya, kenapa lebih memilih bersekolah di madrasah?” tanya Kakanwil kepada beberapa siswa.

“Pendidikan Agamanya lebih banyak Pak.”

“Ingin mendapatkan ilmu Agama yang lebih baik.” Jawab beberapa peserta didik kepada Kakanwil.

Farhani juga memberikan motivasi kepada peserta didik untuk giat belajar dan memiliki karakter kuat yang berlandaskan agama.

“Anak-anak semua, menjadi siswa madrasah harus lebih unggul dalam pendidikan agama dan lebih mencintai madrasahnya, karena madrasah lebih baik dan lebih baik madrasah,” tegasnya.

Kakanwil berharap kepada seluruh madrasah baik negeri maupun swasta untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan dalam mendukung program pemerintah Presiden Joko Widodo dalam menciptakan revolusi mental yang ditanamkan sejak dini. Selain itu dengan keberadaan laboratorium keterampilan diharapkan dapat menambah ilmu keterampilan khususnya menjahit yang dapat menjadi bekal tambahan bagi peserta didik di madrasah. (sss/gt)