Kakanwil: Simpehat Permudah Pendaftaran Haji

Klaten – Sistem Pendaftaran Haji Terpadu (SIMPEHAT) merupakan salah satu terobosan yang di kembangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten terkait dalam pelayanan publik dalam memberikan bimbingan dan pelayanan ibadah haji dan umroh bagi masyarakat.

SIMPEHAT merupakan inovasi yang sangat bagus yang patut di contoh oleh Kemenag Kab/Kota yang lainnya di Jawa Tengah, masyarakat akan dimudahkan dan mempercepat palayanan pendaftaran haji. Demikian disampaikan Farhani Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dalam Launching Sistem Pendaftaran Haji Terpadu (SIMPEHAT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten bersama tujuh Bank BPS/BPIH di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, Senin (8/5). Hadir dalam acara tersebut Plt. Bupati Klaten, Kepala Madrasah, Kepala Disdukcapil, 7 Bank BPS/BPIH, penyuluh, Kepala KUA, Ketua MUI, Dinkes serta seluruh ASN Kemenag Klaten.

“SIMPEHAT bertujuan  mempermudah calon jamaah haji dalam melakukan proses pendaftaran haji. Dengan mendekatkan BPS/BPIH pada Kantor Kementerian Agama Klaten, hal tersebut akan mempercepat proses pendaftaran karena masyarakat tidak merasa di pingpong antara Kemenag dan Bank yang jaraknya sangat  jauh dan terdiri dari 26 kecamatan”, tandas Farhani.

Lebih lanjut Farhani menjelaskan, “masyarakat yang akan mendaftar cukup membawa persyaratan adminstratif dan uang 25 juta rupiah, bank sudah siap di Kemenag Klaten dan pulang sudah mendapatkan porsi haji.”

Farhani menambahkan, pelayanan ini dalam rangka tindak lanjut Menteri Agama dalam raker 2017 yang mengusung isu perubahan yang terkait dalam pelayanan masyarakat dalam hal ini pelayanan haji.

Pendaftaran haji lebih cepat dan efisien waktu. Dengan melakukan proses pendaftaran ibadah haji di satu atap, akan menghemat waktu dan tenaga.  Masyarakat semakin dimudahkan dengan sistem ini.

“Layanan ini dapat dilanjutkan pada sistem yang lainnya, diantaranya sistem pendaftaran calon pengantin (Catin)”, harap Farhani.

Lebih lanjut  Kepala Kemenag Klaten, Masmin Afif mengatakan masyarakat akan lebih dimanjakan dalam pelayanan pendaftaran haji, citra Kementerian akan lebih baik dan meningkat.(aj/Wul)