Kakanwil: Teladani Rasulullah sebagai Pembawa Islam Rahmatan lil Alamin

Boyolali – MTsN Andong Boyolali Rabu pagi ini (14/12) menghadirkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, guna memberikan pembinaan dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw dan Spiritual Building Training. Acara diselenggarakan di Aula Ponpes Zumrotut Tholibin Kacangan Andong Boyolali. Selain Kakanwil, hadir pula Kepala Kankemenag Kab. Boyolali, Saerozi, Kasi Pendidikan Madrasah, Muspika Andong,  para Kepala Madrasah di Kecamatan Andong, para guru dan komite MTsN Andong.

Syammuji, Kepala MTsN Andong, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh para murid kelas IX didampingi oleh wali murid untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad saw sekaligus memperingati Milad MTsN Andong. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kekuatan dan kematangan mental bagi para murid dan wali murid dalam menghadapi beberapa ujian akhir berapa waktu kedepan. Harapan yang sama disampaikan oleh Saerozi, Kankemenag Kab. Boyolali, “Insya Allah para murid lebih siap dalam menghadapi beberapa ujian dan sukses melewatinya.”

Dihadapan sekitar seribu orang yang hadir, Kakanwil menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini sebagai upaya untuk memberikan pencerahan, motivasi kepada para murid, wali murid, para guru, dan keluarga besar MTsN Andong dalam meningkatkan kualitas pendidikan. “Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas prestasi madrasah yang semakin maju, semakin unggul,” kata Farhani.

Indikasinya, lanjut Farhani, antara lain: 1) 59 triliun dianggarkan oleh pemerintah untuk Kementerian Agama, 85% untuk pendidikan. 2) Kementerian Agama menempati 4 besar kementerian yang memiliki anggaran terbesar dari seluruh kementerian. 3) Setiap tahun semakin banyak peminat yang mendaftar di madrasah. 4) Prestasi akademik dan non akademik madrasah mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain. 5) Banyaknya guru madrasah yang berprestasi pada tingkat nasional. “Tidak salah panjenengan (wali murid) menitipkan putera puterinya untuk memperoleh pendidikan di madrasah,” sanjungnya.

Farhani juga mengajak untuk meneladani Rasulullah saw sebagai pembawa Islam rahmatan lil alamin sehingga sekaligus menjadi teladan yang menebarkan kasih sayang dan kedamaian bagi lingkungan masyarakat. (fat/gt)