Kankemenag Banyumas Gali Potensi Atlet Renang

PURWOKERTO – Kementerian Agama Kabupaten Banyumas menyelenggarakan lomba renang dalam rangka Ajang Kompetisi Seni Islami dan Olahraga Madrasah Tingkat MI Kabupaten Banyumas Tahun 2018, Rabu (14/3) di kolam renang Tirta Kembar, Purwokerto. Lebih dari 70 atlet ikut bertanding mewakili madrasahnya masing-masing.

Kordinator penyelenggara, Rekarso, menjelaskan bahwa lomba renang ini adalah untuk kedua kalinya dalam pelaksanaan AKSIOMA.

"Kami ingin menggali potensi atlet renang di MI, dan ternyata madrasah banyak memiliki atlet renang yang bagus dan kemampuannya bisa bersaing dengan atlet sekolah (SD-red)," ungkap Rekarso.

Nomor yang dipertandingkan adalah gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu, masing-masing sejauh 50 meter. Sebagai juara pertama gaya bebas putra adalah Farel Aflal Pramana, siswa MI Muhammadiyah Karanglo Cilongok dengan catatan waktu 39’72 detik, disusul Fauzi Arya Saputra siswa MI Ma’arif Karangturi 44’14 detik dan Rafael Ista Putra siswa MI Al Azhari Ajibarang yang mencapai finish dengan waktu 45’00 detik.

Pada nomor gaya bebas putri, Lintang Zahila Marzuqo dari MI Ma’arif NU Pageraji berhasil mencatat waktu 55’52 detik lebih cepat dua detik dari Syakira Qotrunnisa siswa MI Ma’arif NU Pancasan yang menempati juara kedua dengan catatan waktu 57’95 detik. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Meisya Safiya siswa MI Darul Hikmah dengan waktu 59’95 detik.

Farel Aflal Pramana kembali menorehkan prestasi sebagai juara pertama gaya dada putra dengan catatan waktu 50’64 detik. Posisi kedua diraih oleh Avesheina dari MI Tasmirussibyan dengan selisih empat detik. Sedangkan juara ketiga diraih oleh Rafael Ista. Di nomor gaya dada putri, Lintang menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 1 menit lebih 03’63 detik disusul Isnaeni Maulidah dan Vionita dari MI Ma’arif NU Pancasan Ajibarang dengan selisih satu detik.

Berhasil menjadi juara pada gaya kupu-kupu adalah Fadlurrahman dari MIM Karanglo dengan catatan waktu 53’47 detik, diikuti oleh Yafi Zikri dari MIN 1 Banyumas yang menorehkan waktu 56’52 detik dan Avesheina dengan waktu 57’25 detik. Sementara juara untuk renang gaya punggung kembali direbut oleh Farel Aflal Pramana dengan waktu 55’94 detik, Bintang Esa dari MI Ma’arif NU Ciberem sebagai juara kedua mencatat waktu 1 menit lebih 01’88 detik dan juara ketiga diraih oleh Fadlurrahman dengan raihan waktu 1’04’25 detik. (ak/bd)