Kankemenag Kota Magelang Kuatkan Bidang Keprotokolan

Kota Magelang – Subbag TU Kankemenag Kota Magelang gelar kegiatan rapat koordinasi untuk menciptakan protokoler yang handal dan profesional.  Acara yang berlangsung di RM. Pancuran Pitu Ngembik Kel. Kramat Selatan Kec. Magelang Utara itu dihadiri oleh para kepala madrasah, kepala KUA Kecamatan, PAIF dijajaran Kankemenag Kota Magelang. Hadir pula utusan instansi dari Polres Magelang Kota, Pengadilan  Negeri, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri Kota Magelang.  (Senin, 16/11).

Dalam sambutannya Kepala Kankemenag Kota Magelang menyampaikan bahwa keprotokolan adalah keterampilan khusus yang  hanya bisa dikuasai secara baik bilamana menguasai ilmunya dan dengan baik. Sehingga dipandang perlu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang keprotokolan agar dapat melangsungkan suatu acara secara profesional.

‘’Acara-acara keprotokolan harus didasarkan pada Standar Operational (SOP). Kita mengacu pada Undang-undang Nomor 09  Tahun 2010 yang merupakan paradigma baru keprotokolan di indonesia. Didalamnya telah diatur mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatannya, “ ujar Sofia Nur.

Di kesempatan kegiatan ini selain di paparkan secara rinci tata cara keprotokolan, diberikan juga materi pengetahuan dasar tentang pembawa acara atau MC (master of ceremony). Selain itu diadakan pula praktik menjadi MC bagi peserta, mengingat MC memiliki peran penting alam kelangsungan serta kehidmatan sebuah acara sehingga dapat berlangsung dengan baik.

 ‘’Diharapkan dari kegiatan ini, peserta dapat mengerti tentang Keprotokan dan memahami bagaimana mengatur sebuah acara yang merupakan tugas seorang protokoler,  sehingga menjadi  pedoman agar acara berjalan tertib, khidmat ,teratur dan lancar,’’ demikian disampaikan oleh Abdurrosyid selaku panitia penyelenggara kegiatan. (Hari)