Kankemenag Pati Gelar Sosialisasi E-Filling SPT Tahunan

Pati – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pati mengadakan Sosialisasi elektronik filing (E-Filing) SPT Tahunan Wajib Orang Pribadi untuk Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kankemenag Kab. Pati pada putaran terakhir dari 4 putaran per kawedanan di Aula Kantor Kemenag Pati, Kamis (22/3/2018)

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari berturut turut, mulai Senin sd Kamis (19 sd 22 Maret 2018) di aula Kantor Kemenag Kabupaten Pati.

Layaknya sebagai sebuah tradisi pada awal tahun khususnya menjelang akhir bulan Maret, PNS baik di lingkungan instansi vertikal (pusat) maupun instansi daerah diwajibkan untuk melaporkan SPT TahunanWajib Orang Pribadi.

Seringkali terdengar celetukan atau kekesalan PNS mengenai pelaporan SPT Tahunan yang hanya dilakukan setahun sekali ini. Kenapa sih, pake lapor SPT segala? Kan, semuanya sudah diurusi bendahara, kan semuanya sudah dibayar, kita hanya lapor nihil saja. Ataupun komentar lain dari para PNS yang merasa enggan untuk melakukan kewajibannya.

Hal diataslah yang melatar belakangi pimpinan Kantor Kemenag Pati mengambil kebijakan menggandeng Bendahara Kankemenag Kabupaten Pati untuk melaksanakan sosialisasi pengisian SPT Tahunan. Selain untuk memberikan pemahaman kepada Bendahara Satker yang dalam pengisian SPT Tahunan, juga untuk memberikan pelatihan pengiriman SPT Tahunan secara Online (e-Filing).

Dalam sambutannya pada pembukaan sosialisasi hari pertama, Senin (19/3), Kakankemenag Kab. Pati Imron, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Peserta agar serius serta menyimak dengan seksama materi yang akan disampaikan, karena pengisian dan penyampaian SPT Tahunan adalah kewajiban masing-masing pegawai bukan dibebankan kepada satu orang saja (BendaharaPengeluaran)”, ungkapnya

Acara ini di ikuti oleh kurang lebih 500 an peserta ASN Kemenag Pati, dan peserta terlihat sangat antusias serta diselingi dengan pertanyaan dari pegawai yang mengalami kendala dalam praktek pengisian SPT Tahunan ini. Dan Alhamdulillah sampai akhir kegiatan tingkat keberhasilan pengisian dan penyampaian SPT Tahunan 2018 dilingkungan Kankemenag Kab. Pati mencapai 90% dari total keselurahan.(Athi’/bd)