Kankemenag Sragen Gandeng Kantor Imigrasi Sosialisasikan Mekanisme Penerbitan DPRI

Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1439 H / 2018 sebentar lagi akan tiba. Berbagai tahapan persiapan pelaksanaan haji tahun ini sudah mulai dilakukan, diantaranya adalah sebagaimana yang dilakukan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen pada Rabu (07/02) melakukan sosialisasi penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) kepada Kepala KUA Se Sragen, Ketua KBIH Se Sragen, Bagian Kesrta Pemkab Sragen dan Dispenduk Capil.

Sosialisasi dilakukan Kankemenag Sragen dengan mengundang Kantor Imigrasi Kelas 1 Surakarta. Dalam sambutannya Kakankemenag Sragen melalui Kasi Haji dan Umroh Hj. Kuri Ilmiyati menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman masyarakat khususnya jamaah calon haji agar faham prosedur dalam memperoleh paspor dan visa.

“Kami berharap agar yang diundang disini bisa menyampaikan kepada semua yang hadir di sini untuk bisa mensosialisasikan hasil sosialisasi ini, sehingga nanti para jamaah calon haji dapat lebih dini mempersiapkan rencana pelaksanaan hajinya, sehingga nanti tidak ada kendala,” kata Kuri Ilmiyati. “.

Sementara itu Kasubsi Perizinan pada Kantor Imigrasi Solo, Wahyu Agus menjelaskan bahwa setiap tahun menjelang pelaksanaan ibadah haji, Kantor Imigrasi selalu mengadakan sosialisasi berkenaan penerbitan dokumen perjalanan/passport.

“Setiap tahun kami selalu melakukan sosialisasi penerbitan passport, agar saat pembuatan dokumen tersebut lancar,” jelas Wahyu. “Tahun ini kami juga telah siap melaksanakan tugas pembuatan dokumen perjalanan untuk ibadah haji” tandasnya.

Agar pembuatan passport jamaah calon haji lancar, Wahyu Agus juga mengatakan bahwa dokumen passport selain bisa diurus sendiri juga bisa dikoordinir Kankemenag Kabupaten dan akan diberikan jadwal tersendiri. (yun/ira/Wul)