Kantor Kemenag Pati Buka Pendaftaran Rekrutmen Petugas Haji

Pati – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati membuka pendaftaran rekruitment petugas haji tahun 2019 dengan jadwal pendaftaran mulai dari 14 sampai 20 Februari 2019. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Abdul Kamid kepada humas pada Rabu (13/02) mengatakan, rekruitmen tersebut berdasarkan surat dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang isinya menyampaikan kepada Kepala Kemenag Kabupaten/kota untuk menyiapkan calon petugas haji kloter dan PPIH Arab Saudi tahun 1440 H/ 2019 M.

Dalam lampiran surat tersebut disampaikan jadwal dan syarat-syarat pendaftaran petugas haji, sehingga untuk menindaklanjuti surat tersebut mulai hari Kamis besok (14/2) sudah membuka pendaftaran petugas haji kloter dan PPIH Arab Saudi.

Kamid menjelaskan, semua satuan kerja di bawah Kementerian Agama Kabupaten Pati sudah disurati terkait rekruitment petugas haji tersebut agar pegawai/ ASN di Satker Madrasah dan KUA bisa mengetahui informasi tersebut.

Sedangkan untuk diluar instansi Kementerian Agama, sambungnya, pihaknya juga sudah menyampaikan baik melalui media sosial dan pengumuman juga sudah ditempel di halaman Kantor Kementerian Agama Pati.

Kamid mengatakan, formasi petugas yang dibuka yakni TPHI ( Tim Pemandu Haji Indonesia ), dan TPIHI ( Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia ). Untuk syarat pendaftaran bisa datang langsung ke Kantor Kementerian Agama Pati.

“Jadwal rekruitmen petugas haji tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 14 – 20 Februari 2019 penerimaan pendaftaran tes tingkat Kanwil dan kabupaten/kota, (seleksi administrasi ) pada tanggal 22 Februari pengumuman peserta yang berhak mengikuti tes tingkat Kanwil dan kabupaten/kota, kemudian tanggal 25 Februari dilaksanakan tes kompetensi tertulis tingkat Kanwil dan kabupaten kota,” jelasnya.

Kamid menambahkan, tanggal 26 – 27 Februari rekap hasil tes administrasi dan kompetensi calon petugas haji diserahkan panitia tingkat Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan pada 28 Februari pengumuman peserta yang berhak mengikuti tes tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Jateng. Untuk ujian di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Jateng dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT (computer assested tes).

“Untuk praktek dan wawancara tingkat Kanwil Provinsi Jateng dilaksanakan pada 5 Maret 2019. Dan hasil tes praktek dan wawancara diumumkan pada tanggal 8 Maret 2019,” pungkasnya. (Am/Wul)