Kanwil Kemenag Jateng Gandeng Jr NBA Asia Untuk Meningkatkan Kualitas Siswa-siswi Madrasah di Bidang Olahraga

Semarang (Humas) – Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan Jr NBA Asia (Junior National Basketball Association) menyelenggarakan kegiatan Jr NBA Asia Coaches Academy Online bagi guru madrasah dengan kurang lebih 3000 peserta, yang dilaksanakan pada Rabu, 17 November 2021. Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad didampingi Kabid Pendidikan Madrasah, Saifulloh berbincang secara virtual dengan tim NBA, Carlos Barroca selaku Basketball Operations Team Leader NBA Asia, Jim Wong selaku Associate Vice President Marketing Partnerships NBA Asia Limited, Alexander Atepolikhin selaku Events Professional NBA Asia serta Hesti Latifa Agency Perwakilan NBA untuk Indonesia.

NBA merasa sangat senang dan bangga karena akhirnya tahun ini dapat bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Namun disisi lain, Jim Wong menyampaikan kekecewaannya dikarenakan pandemi Jr NBA belum dapat terselenggara secara tatap muka dan berharap agar program ini dapat segera direalisasikan.

“Sayang sekali kita masih berada dalam masa pandemi covid-19, ini merupakan tantangan tersendiri bagi Indonesia dan NBA Asia untuk melakukan program ini secara tatap muka. NBA siap dengan pelatih-pelatih internasionalnya serta pelatih lokal yang sangat berpengalaman,” tutur Jim Wong.

“Harapannya tahun depan dapat melaksanakan kegiatan tatap muka secara langsung untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan kepada guru dan murid madrasah di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng menyambut baik program Jr NBA Asia kepada lembaga pendidikan di Jawa Tengah sebab kegiatan tersebut selaras dengan nilai-nilai umum pengembangan karakter siswa Madrasah.

“Kanwil Kemenag Prov. Jateng menyambut baik apa yang selama ini sudah dilakukan oleh NBA bagi lembaga-lembaga pendidikan di Jawa Tengah. Ada 4.200 Madrasah Ibtidaiyah, 1770 Madrasah Tsanawiyah, 753 Madrasah Aliyah dengan jumlah siswa lebih dari 1,5 juta. Maka apa yang kita terima dari program NBA sejalan dengan nilai-nilai umum pengembangan karakter siswa yakni dalam badan yang sehat terdapat karakter yang sehat, al aqlu salim fil jismi salim, mensana in corpore sano,” tutur Musta’in.

“Kita akan menyambut program ini dengan segala fasilitas serta sumber daya agar program ini dapat berjalan dengan baik. Kita semua sedang berusaha dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Kementerian Agama khususnya di Jawa Tengah senantiasa berikhtiar dengan 5M + 1D, Doa, kita menyadari semua ada di dalam kekuasaan Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya. (pqq)