Karu dan Karom adalah Ujung Tombak dalam pelayanan Jamaah Calon Haji

Wonogiri – Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) mempunyai tugas dan tanggung jawab yang cukup berat dalam pelaksanaan ibadah haji yaitu menjadi perpanjangan tangan dari ketua kloter haji dalam memberikan pelayanan kepada calon tamu-tamu Allah SWT mulai dari pemberangkatan sampai tanah suci dan pulang lagi ke tanah air, sehingga harus di niati untuk beribadah dan ikhlas mengharap RidhoNya.

Demikian disampaikan Kepala Kankemenag Wonogiri Drs. H. Safrudin, MSI ketika membuka acara pemantapan ketua rombongan dan ketua regu calon haji Kabupaten Wonogiri tahun 2014 M / 1435 H pada Kamis, 11 September 2014 bertenpat di Aula Kankemenag Wonogiri yang dihadiri Karu karom, kasi hajum dan nara sumber.

Selain itu Safrudin secara kedinasan juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan dari beberapa JCH yang ditunjuk sebagai karom dan karu yang merupakan niat suci dan tulus untuk melayani JCH dalam menunaikan ibadah haji, selain untuk diri sendiri dalam menjalankan perjalanan ibadah haji. Karu dan karom merupakan orang terdekat dengan jamaah, maka karu dan karom adalah ujung tombak dalam melayani jamaah. Karu dan karom memiliki peran dan strategis yang sangat mendukung dalam melaksanakan segala ritual pelaksanaan ibadah haji selama di Tanah Suci, maka bimbingan dan pembinaan ini sangat perlu dilaksanakan sebelum keberangkatan.

Di bagian lain Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kankemenag Wonogiri Drs. H. Ali Yatiman menyampaikan bahwa Tugas utama seorang karom dan karu adalah membimbing serta menjaga jamaah haji supaya kualitas ibadah hajinya terjaga. Salah satunya adalah membimbing calon jamaah haji untuk selalu membaca Talbiyah selama dalam perjalanan haji serta mengingatkan jamaah haji untuk selalu berniat haji dengan baik dan benar karena Allah selain itu meneruskan informasi baik dari TPHI, TPIHI dan TKHI.

Sebagai informasi bahwa tahun 2014 M / 1435 H calon jamaah haji dari Kabupaten Wonogiri berjumlah 227 orang yang tergabung dalam kloter 61 dan kloter 62 bergabung dengan calhaj dari Klaten dan Kebumen di jadwalkan masuk asrama haji Donohudan tanggal 23 September 2014 (H. Mursyidi – H. Heri)