Kasi Pendidikan Madrasah Memantau Pengamanan Naskah Ujian Sekolah

Kudus – Ujian Sekolah / Madrasah (US/M) jenjang SD/MI tahun ini berlangsung secara serentak selama 3 hari mulai 15 -17 Mei 2017.Mata pelajaran yang akan diujikan pada hari pertama pelaksanaan ujian yaitu Bahasa Indonesia, kemudian Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hari terakhir . Hari kedua pelaksanaan US/M tingkat SD/MI, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab.Kudus Drs. H. Su’udi, M.Pd.I melakukan pemantauan pengamanan naskah US/M di UPT Kec. Kota Kab.Kudus.

Su’udi menuturkan bahwa pendistribusian naskah soal sudah dilakukan oleh Dinas Dikpora pada hari Jum’at (12/5) ke UPT masing – masing kecamatan untuk dipilah per mata ujian sesuai hari pelaksanaannya untuk selanjutnya dilakukan pengamanan dokumen naskah  USM. Setiap naskah yang diserahkan disertai berita acara yang menyatakan bahwa soal diterima dalam kondisi masih tersegel rapi.

“Polanya sekarang berbeda. Kalau dulu dijaga oleh personel dari kepolisian, sekarang di buat menjadi piket bersama yang terjadwal antara semua pengawas TK/SD/SDLB, Pengawas Madrasah dan Pengurus K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) mulai hari Sabtu (13/5) sampai dengan hari Selasa (16/5) ” kata Su’udi.

Su’udi menjelaskan, hal itu dilakukan melihat perbedaan tingkat kerawanan. Hasil analisa, US/M memiliki tingkat kerawanan yang lebih rendah dibandingkan dengan UN SMA/MA dan SMP/MTs. Disisi lain, jumlah SD dan Madrasah juga banyak, POLRI ‎​ada keterbatasan personel. Jadi pengamanan naskah dibuat menjadi piket bersama. Itu dinilai cukup.

Selanjutnya Su’udi didampingi Pengawas Madrasah Kecamatan Kota, H. Shony Wardhana, S.Ag, M.Pd dan Dra. Hj.Arini, M.Pd.I berharap pelaksanaan US/M berjalan lancar dan tidak akan ada kebocoran soal atau naskah. (s2r/bd)