Keluarga Memiliki Peran Utama dalam Gerakan Stop Narkoba

Tegal-  Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) terus dioptimalkan, terutama dilingkungan keluarga yang merupakan ujung tombak dalam pencegahanya, seperti yang disampaikan oleh salah satu penggiat anti narkoba, Darsiti pada Senin (15/05) di sebuah Majelis Taklim Alhidayah Sumurpanggang.

Melalui program Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dalam mensosialisasikan P4GN yang merupakan program prioritas nasional telah direncanakan secara matang oleh Bappenas dan BNN untuk tahun 2017, “ujar Darsiti

Kali ini upaya preventif pencegahan penyalahgunaan narkoba dilakukan hingga jenjang keluarga, karena paling efektif sebagai ujung tombak dalam sosialisasi P4GN, terutama dimulai dari ibu-ibu PKK yang didalam rumah tangga memiliki peran penting.

Dalam kesempatan itu pula, Darsiti yang juga sebagai penyuluh agama islam Kementerian Agama Kota Tegal menghimbau kepada seluruh ibu-ibu yang hadir, “didik dan cegah putra putri kami untuk bisa menjauhi narkoba,” imbau Darsiti.

Disamping itu dalam rangka penanganan permasalahan narkoba secara seimbang dan berkelanjutan telah dilaksanakan secara ekstensifikasi dan intensifikasi kepada seluruh lapisan masyarakat, dengan cara diberikan pemahaman tentang dampak buruk penyalahgunaan narkoba khususnya bagi lingkungan keluarga.

Target  Sosialisasi P4GN adalah keluarga, sebagai ujung tombak dalam meminimalisir angka penyalahgunaan narkoba melalui pendekatan secara rutin dan menyeluruh terhadap semua anggota keluarga, kami harap Kota Tegal, bersih dari narkoba, “ pungkas Darsiti. (Im/rf)