Kemenag Banyumas Akan Berangkatkan 1.115 Calon Haji

Purwokerto – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Jawa Tengah akan memberangkatkan 1.115 calon haji ke Tanah Suci mulai 13 Agustus 2018. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu sebanyak 1113 Jemaah haji.

“Pada saat ini sudah dapat dipastikan 1.115 calon haji Banyumas akan diberangkatkan ke Tanah Suci,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Banyumas Amirudin di Purwokerto, Sabtu.

Dikatakan Amirudin, tahun ini, jumlah jamaah haji Banyumas relatif sama dengan tahun sebelumnya. Rencana keberangkatan jamaah haji Banyumas akan dibagi dalam tiga kloter. Kloter pertama yaknii kloter 89 sebanyak 58 orang, kloter 90 sebanyak 355 orang, dan kloter 91 sebanyak 355 orang.

“Dan sisanya akan diberangkatkan pada kloter 92,” katanya.

Dia menambahkan pelaksanaan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Kabupaten Banyumas telah berakhir dan berjalan dengan lancar. Para jamaah yang mendapat jadwal keberangktan tahun ini sudah melunasi biaya haji tahap satu di April lalu dan selesai sesuai waktu yang ditetapkan. Sedangkan pelunasan tahap kedua di bulan Mei 2018.

“Tanggal 25 Mei 2018 kemarin adalah hari terakhir pelaksanaan pelunasan BPIH tahap kedua, dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” katanya.

Kemenag Banyumas kembali mengingatkan seluruh calon haji agar senantiasa menjaga kondisi kesehatan agar dapat berangkat ke Tanah Suci sesuai jadwal yang telah ditentukan mengingat waktu keberangkatan makin dekat.

“Terlebih lagi pada saat ini jadwal keberangkatan calon haji ke Tanah Suci sudah ditentukan, sehingga calon haji harus menyiapkan segala sesuatunya, termasuk kondisi fisik agar tetap sehat dan bugar hingga waktu keberangkatan,” katanya.

Kantor Kemenag Banyumas berharap, seluruh proses pemberangkatan jamaah calon haji akan berjalan dengan lancar. Pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan calon haji asal Banyumas.

“Kami akan terus meningkatkan dan memberikan pelayanan yang optimal kepada calon haji,” katanya. (an-hk/bd)