Kemenag Genjot Prestasi MTQ Provinsi

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang mengupayakan persiapan MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan digelar pada November 2017 mendatang. Persiapan tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan pembinaan peserta MTQ yang digelar pada Kamis (27/7) di Gedung Hijau Kompleks Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang.

Pembinaan tersebut dihadiri oleh 65 peserta juara I dan II MTQ tingkat Kabupaten Rembang. Bertindak sebagai pemateri yaitu Kepala Kemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, Kasi Bimas Islam, M. Mahmudi, KH Yusuf Kholil, H. Jamaluddin, dan KH Sulaiman.

Dalam sambutannya, Atho’illah mengatakan, potensi dan kemampuan juara MTQ harus selalu dipupuk dan ditingkatkan agar selalu menjadi juara di mana pun berada. “Oleh karena itu, para pembina sering-seringlah mengadakan pembinaan,” ujarnya.

Sementara Mahmudi mengatakan, dengan pembinaan ini, diharapkan kualitas peserta MTQ semakin terasah. “Manfaatkanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi,” katanya.

KH Yusuf Kholil menekankan, setiap juara I dan II, serta III hendaknya mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan tilawah, karena sewaktu-waktu diminta untuk mengikuti lomba di jenjang yang lebih tinggi.

Sementara H. Jamaluddin menjelaskan teknik penelitian, bahwa setiap peserta harus meminimalisir kemungkinan kesalahan, sehingga mampu mencapai nilai maksimal. “Tilawah harus selalu memperhatikan sisi penilaian yaitu tajwid, fasohah, adab, dan suara lagu,” jelasnya. — ss/bd