Kemenag Kebumen Berikan Pembinaan 60 Qari dan Qariah

Kebumen – Dalam rangka membina, menggali, dan meningkatkan kualitas calon Qari dan Qariah di Kabupaten Kebumen, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen menyelenggarakan kegiatan “Pembinaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Kebumen” di Hotel Candisari Karanganyar Kebumen, Kamis (03/06).

Demikian dijelaskan Kepala Seksi Bimas Islam Salim Wazdy selaku penyelengaara kegiatan kepada para peserta dan Kepala Kankemenag saat memberikan laporan. Dijelaskannya, kegiatan kali ini adalah untuk ketiga kalinya diselenggaran oleh Seksi Bimas Islam. “Sebelumnya telah kami laksanakan kegiatan yang sama ditempat ini sebanyak 2 kali, dengan setiap kali kegiatan diikuti oleh 20 orang peserta, maka sampai dengan hari ini kami telah membina sebanyak 60 Qari dan Qariah di Kabupaten Kebumen,” ungkapnya.

“Mudah – mudahan melalui kegiatan pembinaan ini semakin meningkatkan kualitas dan rasa percaya diri  para Qari dan Qariah di Kabupaten Kebumen. Sehingga nantinya bisa berkiprah dan berprestasi pada event MTQ yang sebenarnya,” imbuh Kasi Bimas Islam.

Senada dengan Kasi Bimas Islam, Kepala Kankemenag H. Panut juga sangat berharap kepada para peserta agar memiliki rasa percaya diri dan bermental baja setiap mengikuti MTQ. “Utamakan rasa percaya diri dalam setiap perlombaan,” ujar Kakankemenag.

Kakankemenag melanjutkan, selain rasa percaya diri, tidak kalah pentingnya adalah menemukan variasi yang menarik dalam membawakan lagu dan bagimana caranya menciptakan daya tarik dewan juri dengan tetap memperhatikan norma penilaian cabang Tilawah al qur`an.

Diterangkannya, norma penilaian cabang tilawah al qur`an adalah ketentuan –ketentuan penilaian yang di terapkan dalam perhakiman cabang tilawah Al Quran baik yang berhubungan dengan bidang dan materi Al Quran maupun yang berkaitan dengan teknis penilaian.

Untuk itu, menurut Kakankemenag, bagaimana caranya melatih mental, mengexplore variasi lagu, dan menciptakan ciri khas tersendiri agar bisa mempengaruhi dewan juri, dibutuhkan pembinaan dan latihan secara rutin dan serius,” pungkasnya.(fz).