Kemenag Kebumen Gelar Bimtek Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Kebumen – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan” bagi 67 peserta terdiri dari pengawas dan operator di Hotel Candisari Karanganyar, Rabu (24/10). Bimtek membahas sejumlah materi seperti evaluasi diri, peningkatan kompetensi tenaga Pendidik Agama Islam, pelatihan kompetensi online dan lainnya.

Hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Kepala Kankemenag, Imam Tobroni. Dalam sambutannya disampaikan bahwa evaluasi diri bagi seorang guru itu sangat penting, terlebih memasuki era teknologi informasi saat ini yang akan semakin berat.

“Dari waktu ke waktu tantangan guru semakin berat, terlebih dengan era teknologi informasi saat ini,” Imam Tobroni.¬†

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Kebumen, Mohamad Halim mengatakan, melalui bimtek ini diharapkan para guru PAI dapat memahami dan menguasai teknologi informasi secara on line, profesional dan memiliki kemampuan leadership.

“Pada pertengahan November nanti akan dilaksanakan kompetensi on line bagi guru PAI se-Jawa Tengah. Karena itu sejak dini para guru PAI di Kebumen harus diberikan pelatihan terlebih dahulu. Pada saat itu setiap guru wajib mengisi formulir melalui on line yang diisi dengan sejujur-jujurnya agar diketahui dengan jelas kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya. Sehingga nanti dalam pemetaan kompetensi tersebut tepat sasaran,” ujar Mohamad Halim.

Menurut Kasi PAI Kemenag Kebumen, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki seorang guru PAI. Guru tak hanya wajib menguasai pedagogik, profesional, berkinerja baik, akan tetapi juga wajib memiliki kepribadian dan sosial yang baik.

“Tak kalah penting dari semua itu adalah memiliki spiritual yang mumpuni dan berjiwa leadership,” jelas Halim.

Untuk itu, kata Mohamad setiap guru PAI di Kebumen harus dibekali skill dan kapabilitasnya agar kualitas pendidikan agama islam di Kebumen dapat terus meningkat.

“Saya berharap setelah dilaksanakannya bimtek ini maka para operator dan pengawas sebagai peserta dapat melanjutkan bimtek ini ke tingkat Kecamatan. Ada ribuan guru PAI yang harus kita bina dan tingkatkan kompetensinya. Semoga dengan apa yang kita lakukan ini nantinya benar-benar memberi banyak manfaat dalam mengembangkan pendidikan agama islam di Kebumen,” harap Halim.(mn-pt/sua)