Kemenag Kota Magelang Gelar Rekruitmen Calon Petugas Haji 1438 H/ 2017 M

Kota Magelang – Untuk menyambut musim Haji yang dijadwalkan mulai pada bulan Juli 2017, Kantor Kementerian Agama Kota Magelang melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) kembali membuka pendaftaran calon petugas haji 1438 H/2017 M.

Pelaksanaan tes rekrutmen calon petugas haji TPHI Kankemenag Kota Magelang diadakan Jumat (28/04). Tes diikuti oleh 4 peserta TPHI yang sebelumnya telah lolos persyaratan administrasi. Selain tes tertulis peserta juga harus menjalani tes wawancara.

Menurut Mustofa Selaku Kasi PHU pada penyelenggarakan haji tahun 1438 H/ 2017 M ini Kankemenag Kota Magelang hanya mendapat kuota satu orang untuk petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI). Dan untuk petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) tidak mendapat kuota.  “Kita hanya mendapat kuota satu orang untuk petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI). Dan untuk petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) tidak mendapat kuota,” Tegas Mustofa. Calon jemaah haji Kota Magelang tahun ini jika tidak mengalami perubahan berjumlah 124 orang.

Tes rekrutmen calon petugas haji selesai sekitar pukul 11.30 WIB. Hasil tes diumumkan secara terbuka 4 Mei 2017 mendatang. Dua orang peringkat terbaik berdasarkan hasil tes akan mengikuti tes lanjutan di Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Tes di Kanwil nanti akan menentukan siapa yang berhak untuk menjadi petugas haji TPHI. Secara umum pelaksanaan tes berjalan baik dan lancar mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pengumuman hasil tes.

Tes bukan sekedar formalitas melainkan memang dilaksanakan sesuai aturan untuk mendapatkan seorang petugas yang kompeten sebagai petugas haji yang akan menyertai jemaah haji di tanah suci. Terlebih lagi saat ini haji merupakan prioritas utama selain KUA dalam penegakan zona integritas di Kemenag. (M4r/Af)