Panitia Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Calon Petugas Haji

Semarang (PHU) – Penerimaan pendaftaran peserta rekrutmen calon petugas haji tahun 1439 H/ 2018 M telah selesai dilaksanakan. Sesuai agenda jadwal kegiatan, pendaftaran peserta telah berjalan pada tanggal 20 s.d. 25 Maret 2018. Untuk pengumuman peserta yang berhak mengikuti tes kompetensi tahap pertamal baik di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah diumumkan pada tanggal 27 Maret 2018.

Panitia rekrutmen calon petugas haji telah selesai memeriksa kelengkapan berkas administrasi calon peserta. Sebanyak 624 orang calon peserta yang akan mengikuti tes kompetensi tahap awal demikian disampaikan Zainal Fatah selaku Sekretaris Panitia Rekrutmen Petugas Haji saat ditemui ditempat kerjanya, Selasa (27/03).

"Kita tetap berkomitmen merekrut para petugas yang benar-benar mematuhi syarat dan sesuai ketentuan juknis tahun ini," tegas Zainal.

Zainal mengatakan, untuk tes kompetensi tahap pertama belum menggunakan tes secara online tetapi masih menggunakan tes tertulis, nantinya berkas soal akan dibawa oleh petugas dari Kanwil ke masing-masing daerah, untuk diserahkan kepada panitia rekrutmen petugas haji daerah dan selanjutnya dibagikan kepada peserta tes pada saat yg ditentukan.

Dalam penyerahan berkas soal, lembar jawaban dan kunci jawaban diikuti dengan Berita Acara penyerahan berkas dan penandatanganan pakta integritas. Ini dikandung maksud agar pelaksanaan tes benar-benar bersih, soal steril, dan tidak ada kebocoran soal.

Dari 624 orang calon peserta rekrutmen, terbagi menjadi 363 orang untuk formasi TPHI, 215 orang untuk formasi TPIHI, dan untuk formasi PPIH sebanyak 46 orang. Adapun calon peserta formasi PPIH terbagi menjadi 31 orang formasi pelayanan umum, 4 orang formasi bimbingan ibadah dan 11 orang formasi Siskohat.

"Untuk tes tahap pertama akan dilaksanakan serentak di Kantor Kemenag Kabupaten Kota se-Jawa Tengah dan Kanwil pada tanggal 29 Maret 2018. Pada tingkat Kabupaten dan Kota dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota masing-masing dan di tingkat Kanwil akan dilaksanakan di Aula Lantai III Kantor Wilayah," pungkasnya. (djs/gt)