Kemenag Pati Dampingi Penerapan EDM dan e-RKAM Bagi Tim Inti Madrasah

Pati – Dalam rangka peningkatan mutu madrasah dan sebagai tindak lanjut dari Program Kementerian Agama. Maka dilakukan kegiatan pendampingan penerapan EDM (Evaluasi Diri Madrasah) dan e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis elektronik) bagi tim inti Madrasah di Kab Pati.

Pelaksanaan kegiatan ini telah dimulai dari tanggal 26 April s.d 31 Mei 2021 dan dilaksanakan di 39 Madrasah Tsanawiyah, 38 Madrasah Ibtidaiyah dan dan 39 Madrasah Aliyah yang tersebar di kabupaten Pati.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab Pati, Ruhani menyampaikan bahwa setiap madrasah di masa sekarang hendaknya paham teknologi karena pada masa sekarang kita bekerja menggunakan digital. “Melalui pendampingan ini diharapkan perencanaan dan penganggaran setiap madrasah tidak hanya madrasah negeri dapat dipantau secara berjenjang oleh Kemenag ditingkat Kabupaten/kota, provinsi dan pusat,” ujarnya di sela sela memantau pendampingan terhadap MTs Miftahul Falah Sukolilo, Senin (3/5/2021).

Menurut Ruhani, sekitar 30 persen madrasah di kabupaten Pati masih berstatus terakredasi C dan belum berakreditasi. Hal ini menggambarkan bahwa madrasah tersebut masuk kategori rendah (under performing). “Pendampingan penerapan EDM dan e-RKAM diharapkan dapat mempercepat pencapaian SNP (Standar Nasional Pendidikan) bagi madrasah-madrasah tersebut,” tegas Ruhani.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator TIK Kab Pati sekaligus yang melakukan pendampingan Muhammad Muhadi mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan madrasah dalam menggunakan data BOS (Bantuan Operasional Sekolah), data capaian SNP (Standar Nasional pendidikan) bisa lebih cepat dan akurat lewat sistem e-RKAM. “Mutu dan kualitas madrasah bisa diukur lewat evaluasi diri madrasah,” kata Muhadi.

Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka namun tetap memperhatikan prokes di masa pandemi. Karena kegiatan ini hanya diikuti oleh tim inti madrasah yang beranggotakan tiga orang yaitu kepala madrasah, bendahara dan staf tata usaha. (dy/at)