Kemenag Pati Off Road Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji

Pati – Seksi Penyelenggaran Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati mulai hari senin (28/1/2019) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penyelenggaraan ibadah haji bagi jemaah calon haji yang akan berangkat 1440 H / 2019 M.

Kepala Seksi PHU Kankemenag Kab. Pati Abdul Kamid mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam lima kali kegiatan sesuai wilayah eks kawedanan di kabupaten Pati, yaitu : eks kawedanan kayen, eks kawedanan pati, eks kawedanan jakenan, eks kawedanan tayu, dan eks kawedanan juwana, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi kebijakan penyelenggaraan haji dan persiapan pelunasan BPIH. Dengan diselenggarakanya kegiatan ini, calon haji mendapatkan kepastian tahun keberangkatannya. Karena yang dipanggil untuk mengikuti sosialisasi adalah calon haji yang menurut estimasi awal masuk keberangkatan tahun 2019, terang Kamid

Sebelumnya pada awal Januari yang lalu telah dilakukan bimbingan penyelesaian dokumen haji. Pada kegiatan bimbingan tersebut, calon haji dipandu untuk mengisi blangko perdim-11 dan dilakukan verifikasi data serta identitas calon haji. Setelah seluruhnya lengkap, calon haji dijadwalkan untuk didampingi berangkat ke kantor imigrasi guna penyelesaian paspor hajinya, papar pria kelahiran Pati 47 tahun itu.

Menurut Kamid, Saat ini sudah hampir sembilan puluh proses jemaah yang telah datang ke kantor imigrasi untuk perekaman foto dan sidik jari biometrik, tegasnya.

Bimbingan penyelesaian dokumen, pendampingan calon haji di kantor imigrasi, serta sosialisasi haji ini merupakan kegiatan permulaan calon haji, sebelum melakukan rangkaian kegiatan pelunasan dan bimbingan manasik, pungkasnya. (Am/bd)