Kemenag Pati Perkuat Tenaga Pengolah Data

Pati – Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Pati melalui Seksi Pendidikan Agama Islam gelar Sosialisasi Penguatan Tenaga Pengolah Data PAIS, Senin (18/02) di Hotel Griya Lestari, Jalan Penjawi No.51A Randukuning Pati.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam, Pengawas PAI, serta sebanyak 40 peserta dari guru PAI /SD/SMP/SMA/SMK/ sederajat. Sebagai narasumber Moh. Andi Lala dan Moch Muizzudin dari Bidang PAIS Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam Umi Istianah mengatakan, Education Management Information System (EMIS) merupakan instrumen dalam pengelolaan data dan sistem informasi pendidikan Islam. “EMIS itu sistem pendataan yang ada di pendidikan baik tentang guru, pendidikan dan tenaga kependidikan”, kata Umi.

Untuk memperoleh data yang valid, kata Umi, pemutakhiran data EMIS harus periodik sehingga mampu menyajikan data yang lengkap, akurat dan tepat waktu. “Diharapkan dengan EMIS ini, data kependidikan akan valid sebab dijadikan dasar perencanaan pendidikan”, ujar Umi.

Sementara dalam sambutan arahan Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, Imron Rosyidi mengatakan, sebagai bukti kemajuan pendidikan, terutama pendidikan islam yang unggul dan moderat, maka setiap data harus selalu terupdate setiap waktu. “Kualitas data pendidikan yang selalu terupdate sangat mendukung kesuksesan dan kemajuan pendidikan”, kata Imron.

Oleh karena itu, kata Imron, seorang tenaga pengolah data harus professional. Terlebih dalam mengintegrasikan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Dengan demikian, kita bisa menuju kepada sebuah pendidikan moderat yang unggul dan unggul yang moderat dalam rangka mengarah kepada murid yang agamis”, pungkas Imron. (Am/Wul)