Kenalkan Perjuangan Para Pahlawan, Siswa MIN 3 Tegal diajak ke Museum GBN

Tegal ( Slawi ) – Untuk lebih mengenal perjuangan para pahlawan kemerdekaan pada zaman dahulu, siswa – siswi kelas 3 dan 4 MIN 3 Tegal diajak mengunjungi Monumen Gerakan Banteng Nasional (GBN) Slawi pada Kamis (14/3)  pagi kemarin. Datang dengan naik angkutan umum rombongan tiba di GBN pukul 08.30 didampingi oleh 4 orang guru kelas.

Begitu turun dari mobil mereka berhamburan dengan riang gembira melihat – lihat bangunan museum GBN yang penuh dengan relief perjuangan di masa lalu dalam menumpas DI/TII. Dengan penuh antusias siswa mencoba menghilangkan rasa penasaran mereka dengan menanyakan berbagai macam arti relief dengan bertanya kepada guru pendamping. Jawaban dari guru kemudian dicatat oleh siswa sebagai tugas laporan kunjungan. Jadi sambil bermain – main siswa sekaligus mendapatkan pembelajaran secara langsung.

Salah seorang guru yang mendampingi acara tersebut, Rahmat,  mengatakan kegiatan tersebut bertujuan agar siswa mengenal lebih dalam perjuangan para pahlawan di masa yang lalu dan juga merupakan salah satu sarana rekreasi siswa agar tidak bosan.

“Kegiatan ini adalah salah satu cara mengenalkan perjuangan para pahlawan di masa yang lalu, karena di monumen ini banyak sekali relief perjuangan para pahlawan. Kalau selama ini mereka hanya bisa membaca di buku-buku, kini mereka bisa melihat gambaran perjuangan para pahlawan kita. Dan di sini siswa lebih antusias daripada hanya sekedar membaca buku apalagi mendengar ceramah dari guru yang mungkin membosankan,” terang Rahmat.

Edi Junaedi, guru yang juga turut mendampingi siswa menambahkan selain lebih senang siswa juga bisa merasakan belajar di outdoor sehingga rasa bosan belajar di ruang kelas hilang. “ Ini adalah salah satu pembelajaran outdoor sehingga pikiran menjadi lebih fresh, apalagi nanti setelah dari sini kami akan berbasah-basah ria dengan mandi di kolam renang Muriah,” terang Edi.(gus27/Wul)