Kepala Kankemenag Wonosobo Monitoring Pelaksanaan ANBK

Wonosobo – Kakankemenag Kabupaten Wonosobo, Ahmad Farid, melakuka monitoring pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs), di MTs Ma’arif Tieng Kecamatan Kejajar Wonosobo, Selasa (06/10).

ANBK tingkat MTs/SMP ini dijadwalkan berlangsung selama empat hari yakni pada Senin-Kamis tanggal 4 sampai 7 Oktober 2021.

Kunjungan, Ahmad Farid, di MTs Ma’arif Tieng disambut oleh Kepala MTs, Ma’ruf. Selanjutnya Kakankemenag didampingi Kamad memantau langsung, melihat dan memastikan kelancaran kegiatan ANBK tersebut.

Kakankemenag Kab. Wonosobo menyebutkan kegaitan ANBK tersebut adalah program Nasional.

“Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran,” kata Farid.

Ia juga menyebutkan ANBK dilaksanakan agar distribusi instrument, pengelolaan data dan pengolahan hasil dengan efektif dan efisien. Ia katakan, bagi madrasah yang tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk pelaksanaan ANBK dapat berkoordinasi dengan Madrasah lain atau dengan Kankemenag melalui seksi Penma,

Dari Hasil monitoring, Ahmad Farid, beberkan pelaksanaan ANBK di MTs Ma’arif Tieng berjalan dengan lancar, “MTs Ma’arif Tieng telah memiliki fasilitas TIK yang mendukung. Jadi pelaksanaan tetap dilakukan di Madrasah setempat,” tandas Farid.

Sementara itu, Kepala Madrasah, Ma’ruf, usai menerima kunjungn tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas berkenannya Kakankemenag berkunjung di MTs Maarif Tieng,

“kami merasa terhormat bapak kepala Kankemenag dapat hadir di MTs Ma’arif Tieng yang jaraknya lumayan jauh. Semoga monitoring tersebut menambah semangat bagi kami untuk terus lebih baik. lebih lagi terkait pelaksanaan ANBK ini,” katanya. Ps-ws