Kepala Kemenag Bersama Kasi Penmad Monitoring KSM 2021

Temanggung – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi sportivitas.

Pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah ditengah pandemi Covid-19 ini diharapkan dapat berjalan dengan baik serta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Begitu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir saat melakukan monitoring kegiatan KSM di hari terakhir bersama Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Sugijarto, Senin (20/09) di MAN Temanggung.

Beliau juga memberikan motivasi kepada peserta yang mengikuti KSM dan berharap semoga kegiatan KSM berjalan dengan lancar. “Insya Allah, KSM yang  dilaksanakan selama 2 hari ini adalah sebuah wadah atau ajang bagi peserta anak didik kita, untuk meningkatkan kualitas keilmuan sains. Karena ini modal kita semuanya dalam membangun bangsa ini. Kegiatan ini juga untuk melihat sejauhmana perjuangan luar biasa para guru untuk dilombakan melalui anak didiknya, karena berkat didikan ataupun pemahaman keilmuannya dari guru-guru madrasah,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan pelaksanaan KSM tingkat provinsi ini berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang baik, semoga madrasah-madrasah di Kabupaten Temanggung bisa lolos semua sampai ke tingkat nasional,” harapnya

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Pendidikan Madrasah menyampaikan bahwa kegiatan KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 secara online,  untuk Kabupaten Temanggung bertempat di MAN Temanggung. Ahmad Sugijarto menyampaikan, kompetisi yang digelar secara online ini diikuti 33 siswa madrasah sebanyak 33 anak terdiri dari MI 6 anak, MTs 9 anak dan MA 18 anak.   KSM terbagi dalam tiga jenjang MI, MTs dan MA. Untuk MI, bidang yang dilombakan adalah Matematika terintegrasi dan Sains IPA terintegrasi. Untuk MTs, bidang lombanya Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, dan IPS terpadu terintegrasi. Sedangkan untuk MA, ada enam bidang lomba, yaitu Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi terintegrasi, dan Geografi terintegrasi.(sr/rf)