Kepala Kemenag Sampaikan Kiat Sukses Jalani Kehidupan

Karanganyar – Di usianya yang sudah matang, 35 tahun, tidak terhitung prestasi dan kemajuan yang sudah dicapai oleh Madrasah Aliyah Negeri Gondangrejo. Dari waktu ke waktu, sejak didirikan pada tahun 1983 dengan nama MAN Al Wathon oleh Menteri Agama saat itu, Alamsjah, MAN Gondangrejo menjadi primadona dan pilihan masyarakat di tengah dinamika sosial yang berkembang saat ini.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad saat memberikan sambutan memperingati MILAD ke-35 MAN Gondangrejo, (08/01). Menurutnya, jumlah peserta didik yang mencapai 700 siswa itu tidak serta merta didapat dengan mudah, tentunya hal tersebut karena prestasi dan nama baik yang terus dijaga oleh segenap jajarannya.

Di hadapan ratusan guru, alumni dan siswa MAN Gondangrejo, Kepala Kemenag menceritakan tentang falsafah pensil yang sarat dengan makna. Menurutnya pensil mengandung banyak pesan kehidupan yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita agar menjadi pribadi yang sukses.

“Falsafah pensil memiliki banyak makna yang dapat dijadikan rambu-rambu menjalani kehidupan. Pertama adalah bersedia dibimbing orang lain, kedua sanggup mengikuti proses peruncingan, ketiga punya potensi atau keberanian untuk memperbaiki kesalahan, keempat mementingkan isi daripada bungkus, dan terakhir meninggalkan jejak yang baik,” kata Musta’in.

Lebih lanjut Kepala Kemenag mengatakan bahwa dengan memahami falsafah pensil, selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari tentang kiat-kiat mencapai kesuksesan. Menurutnya kata sukses memiliki makna yang dapat dijadikan untuk membentuk karakter.

“Karakter sukses itu Semangat, Unggul, Kerjasama, Santun, Efektif dan Sabar. Insya Allah dengan mengamalkan karakter tersebut, seseorang akan mencapai apa yang diharapkan,” tandasnya.

Pendidikan di Madrasah Aliyah yang mengedepankan pendidikan agama diharapkan dapat menjadi pembentuk mental kepribadian murid sebagai landasan dalam menangkal pergaulan bebas dengan ilmu agama.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman utama MAN Gondangrejo ini dihadiri oleh Kepala MAN Gondangrejo Syaiful Munir, Camat, Kepala Madrasah Negeri se Kabupaten Karanganyar, Kepala UPTD Pendidikan, Aparat Keamanan, Alumni MAN Gondangrejo dan orang tua wali. Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan beberapa hiburan dan anak didik berprestasi yang telah mengharumkan nama MAN Gondangrejo. (ida-hd/Wul)