Kerukunan Umat Beragama Adalah Kebutuhan Bersama

Sragen – Kerukunan umat beragama, baik intern umat beragama maupun antar umat beragama adalah sebuah kebutuhan. Untuk itu setiap elemen masyarakat hendaknya perlu menjaga dan menciptakan kerukunan hidup beragama tersebut.

Penciptaan kerukunan beragama bisa diciptakan dengan melibatkan para ulama dan tokoh masyarakat. AKP Hartana selaku Kasat Binmas Polres Sragen, menekankan hal tersebut saat menjadi pembicara dialog tokoh lintas agama yang diselenggarakan Kankemenag Sragen di RM Salero, Selasa (23/05).

“Terangkan dengan dasar ayat ayat yang bersumber dari kitab suci secara terang dan tidak sepotong potong, sehingga jelas dan gamblang”, kata Hartana.“Selain itu hendaknya juga tidak ada kepentingan pribadi atau golongan, untuk terciptanya kerukunan” imbuhnya.

Setiap warga negara hendaknya menyadari bahwa kepentingan bangsa adalah di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Inilah yang seringkali kurang disadari oleh para masyarakat.

Melengkapi apa yang disampaikan dari Polres Sragen, pembicara berikutnya Agus Endarto, Kasi II Kesbangpolinmas menyampaikan perlunya semakin menguatkan kesatuan bangsa dan mewaspadai ancaman dari pihak luar yang akan memecah belah Bangsa Indonesia ini.

“Bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang besar, bangsa yang kaya, sehingga sangat wajar banyak pihak/asing yang tertarik dengan Indonesia ini. Untuk itu kita perlu mewaspadai upaya upaya untuk memecah belah” kata Agus.

“Dengan semakin menyadari kebutuhan akan kerukunan bangsa ini maka cita cita untuk menjadikan bangsa yang bermartabat, Negara yang berdaulat dan terwujudnya masyarakat yang sejahtera akan terwujud” jelasnya. (ira1/Wul)