Kesiapan Mental Siswa, Kunci Kesuksesan Ujian

Rembang – Untuk pertama kalinya, seluruh MTs  se-kabupaten Rembang menggelar USBN dengan Berbasis Komputer. Bagi peserta didik kelas IX, hal itu tentu menjadi pengalaman pertama kali yang memerlukan persiapan khusus.
Di MTsN 1 Rembang, para siswa melakukan kegiatan unik sebelum mengerjakan USBN BK ini. Sebelum berjibaku dengan soal-soal ujian, siswa-siswi ini membaca doa khusus, yaitu asmaul husna. Pembacaan doa ini dilakukan secara serentak, bersama-sama dengan suara yang keras.

Kepala MTsN 1 Rembang, Imam Suyono mengatakan, USBN BK merupakan ujian berbasis komputer, yang tentu harus memerlukan ketelitian dari peserta ujian. “Karena ini sifatnya tidak manual, siswa harus mengerjakan dengan benar dan teliti,” kata Imam Suyono ketika dihubungi Selasa (9/4/2019).

Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang sebelum ujian. Beberapa upaya persiapan tersebut yaitu persiapan fisik dan mental. Sebagai persiapan fisik, pihaknya sudah mengadakan try out beberapa kali dan simulasi ujian Berbasis Komputer. 

Adapun persiapan mental, siswa diimbau meminta restu kepada orang tua serta para guru. “Puncaknya adalah ketika pelaksanaan USBN BK ini. Sebelum mengerjakan ujian, siswa membaca doa bersama-sama, yaitu asmaul husna. Dengan doa ini, diharapkan muncul keyakinan diri mereka dan mendapat petunjuk dari Allah dalam mengerjakan soal-soal,” kata Imam Suyono.

Waka Kurikulum MTsN 1 Rembang, Sudaryo mengatakan, USBN BK ini diadakan selama delapan hari, yaitu 6,9,10,11,12,13,15, dan 16 April 2019. Adapun mata pelajaran yang diujikan yaitu IPA, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Akidah Akhlak, Bahasa Arab, IPS, dan PKn.

“Ujian diadakan di 8 ruang laboratorium dan terbagi dalam tiga sesi, yaitu sesi I pukul 07.30 – 09.00 WIB, sesi II pukul 09.30 – 11.00 WIB, dan sesi III pukul 13.00 –  14.30 WIB,” terang Sudaryo. (iq/gt)