Ketua DWP Kemenag Salatiga Beri Tausiyah Halal Bihalal

Salatiga — Senyum dapat membuat orang yang menerimanya merasa nyaman dan bahagia. Hal ini sama dengan sedekah materi yang juga bisa membuat orang yang menerimanya merasa bahagia. Senyum yang dimaksud adalah senyum yang didasarkan pada ketulusan hati. Yang dilakukan dengan tujuan kebaikan tanpa memiliki maksud buruk. Demikian tausiyah yang disampaikan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Hj, Qiqi Taufiqur Rahman pada kegiatan Pertemuan Pengurus DWP Kantor Kemenag Kota Salatiga, yang bertempat di Aula Kantor Kemenag kota Salatiga, Jum’at (11/6).

Pertemuan Pegurus DWP Kantor Kemenag kota Salatiga dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga selaku Penasehat, Ketua DWP dan Pengurus DWP Kantor Kemenag Kota Salatiga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berbeda dengan pertemuan sebelumnya, dalam pertemuan rutin ini masih dalam suasana bulan syawal 1442 H juga diadakan halal bihalal antar pengurus.

Ditambahkan oleh Hj. Qiqi dalam sambutan dan tausiyahnya “Senyummu di hadapan saudaramu adalah (bernilai) sedekah bagimu (HR. Tirmidzi).” Hadits ini berisi tentang keutamaan senyum. Dimana seseorang yang memberikan senyuman terhadap sesama muslim akan mendapatkan kebaikan sebagaimana kebaikan orang yang memberi sedekah. Dan akan mendapat pahala sebagaimana pahala sedekah.

Menanggapi hadits tersebut, Hj. Qiqi juga menyatakan manfaat senyum sebagai sedekah yang paling murah dan mudah. Menurutnya, ada beberapa cara agar seseorang bisa lebih mudah tersenyum. Utamanya, adalah selalu bersyukur dalam setiap keadaan.

Dia menambahkan, selalu bersangka baik pada Allah SWT dan sesama manusia, juga menjadi cara yang mudah untuk tersenyum. Dia mengatakan senyuman juga bisa menjadi alternatif ketika diri ada di ambang kesulitan atau kondisi sakit, khususnya saat menyadari segala kesulitan adalah ujian.

“Perlu disadari dalam hadits shahih, senyum itu adalah sedekah dan pahalanya besar. Tersenyum tidak saja membahagiakan orang lain tetapi juga menjadi jalan kebahagiaan kita,” ujar Qiqi.

Selanjutnya Ny. Qiqi, mengajak kepada para anggota untuk berperan aktif dalam kegiatan yang telah diprogramkan, peran Dharma Wanita bukan hanya mendampingi suami tapi mempunyai mandat yang sangat penting dalam keberhasilan suatu organisasi serta mengambil hikmah sehingga terjalin kerja sama satu sama lain dalam membangun citra positif instansi.

Acara pertemuan pengurus DWP Kemenag juga diisi dzikir tahlil dan bacaan asmaul husna dan diakhiri dengan pengisian pembuatan pemanfaatan dari kaleng bekas. (Humas/Khusnul-Fitri).