Ketua Regu Dan Ketua Rombongan JCH Kab. Pati Diberi Pembekalan

Pati – Setelah digelarnya Bimbingan Manasik Haji di wilayah Kecamatan bagi Jemaah Calon Haji Kabupaten Pati tahun 2017, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) memberikan bimbingan pemantapan dan pelatihan kepada ketua rombongan (Karom) dan ketua regu (Karu) sebelum mereka membimbing para jamaah calon haji (JCH) Tahun 2017 M/1438 H. Kegiatan tersebut digelar di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Jalan Panglima Sudirman No.1-H Pati, selam dua hari, Selasa sd Rabu (18-19/7).

Bimbingan diberikan kepada karom dan karu agar mereka mengetahui apa-apa yang dilakukan saat memberikan pelayanan kepada jamaah calon haji dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Termasuk selalu menjaga komunikasi yang baik ke JCH.
Acara yang digelar selama 2 (dua) hari tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Akhmad Mundakir.

Dalam sambutan dan arahannya, Akhmad Mundakir mengatakan, para Karu dan Karom merupakan Jemaah Calon Haji yang diberikan kepercayaan pemerintah dalam upaya membantu terselenggaranya penyelenggaraan Haji dengan baik, tertib, dan lancar.

“Mereka akan mendapat amanah dan tugas mengkoordinasikan, mengkomunikasikan serta membantu memberikan pelayanan bagi para Jamaah Calon Haji dalam memaksimalkan ibadah Haji nanti serta dapat mewujudkan keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah Haji” tambah Mundakir.
Karom dan karu yang dibentuk bertugas membantu jamaah calon haji dalam beribadah serta mengakomodir segala aspirasi jamaah, imbuhnya.
“Karom dan Karu harus mengingat tujuan utamanya berangkat ke tanah suci untuk beribadah dengan niat suci, mencari pahala dan menjadi haji yang mabrur. Jangan ingin beribadah hanya untuk menjadi karom ataupun karu,” paparnya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Noor Sholihah dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pembekalan tugas bagi Karu dan Karom ini diikuti 38 orang Ketua Rombongan dan 152 orang Ketua Regu yang dipilih dari jemaah calon Haji Kabupaten Pati tahun 2017, dengan menghadirkan 6 nara sumber yaitu KH. Dahwan Hadi KH. Mawardi dari MUI Kabupaten Pati, Plt Kasubbag TU Kankemenag Kab. Pati Zubaidi, Kasi PDPontren Abdul Hamid, Joko Leksono dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dan Joko Prasetyo dari Bidang Kesra Pemkab Pati.

Adapun tujuan yang diharapkan para Karu dan Karom dapat memiliki ilmu dan menambah wawasan serta pemahaman khususnya sesuai dengan amanah yang diemban sebagai Ketua Regu dan Ketua Rombongan, sehingga dapat melaksanakan tugas dalam membantu tercapainya penyelenggaraan Haji dan memberikan pelayanan maksimal kepada Jamaah Calon Haji dalam melaksanakan ibadah nantinya. (Athi’/bd)