Kini Eranya Teknologi Informasi

Slawi – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia.  Seperti yang kita ketahui bersama, peran teknologi informasi sangat berpengaruh dalam kegiatan sehari-hari. Hal ini tidak lepas dari aktifitas kita yang kerap kali ditunjang oleh peran teknologi informasi itu sendiri yang mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih mudah, murah, cepat, dan efisien.

“Menurut saya, pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak-anak kita semenjak dini. Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa. Karena memang saat ini eranya teknologi informasi ya,” demikian ungkap Moch. Abdul Sakur, kepala laboratorium MTs Negeri Slawi saat ditemui di ruang lab pada Rabu siang (15/11).

Menurut Sakur, Les komputer siang hari di MTs N Slawi hadir untuk menjembatani peserta didiknya guna mengenal hingga menguasai komputer sesuai dengan minat dan bakatnya. Salah satu pilihan program yang ditawarkan meliputi Microsoft Office Professional (Ms. Word, Excel, Power Point).

“Namun memang, pengenalan program komputer yang kami lakukan masih sebatas mengenalkan perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Tapi itu bisa menjadi jembatan awal bagi peserta didik untuk menggali minat dan bakatnya sendiri,” tambahnya.

Berkaitan dengan les komputer tersebut, Ia beserta salah satu laboran mengatur jadwal sedemikian rupa, disesuaikan dengan 4 ruang lab komputer yang tersedia. “Dimulai selepas jam terakhir pelajaran (pukul 14.00 WIB), setiap kelas pertemuannya satu minggu sekali, menempati ruang lab yang sudah diatur sesuai jadwal yang kami buat. Seluruh siswa, baik kelas VII, VIII, dan IX semuanya mendapat giliran setiap minggunya,” jelas Sakur.

Ia menambahkan, bahwa les komputer ini juga merupakan salah satu bentuk memanfaatkan sarana madrasah, terutama laboratorium komputer, yang juga digunakan untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada MTs N Slawi. “Ya, ini merupakan program rutin kami tiap tahun. Apalagi tahun kemarin (2016/2017-red), untuk pertama kalinya MTs N Slawi menggelar UNBK, dan alhamdulillah semuanya berjalan sesuai harapan. Intinya, daripada lab komputer tidak terpakai sama sekali, lebih baik dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan seluruh siswa,” pungkasnya. (akb/gap/rf)