KKG Penjas Karanganyar Gelar Pembelajaran bagi Siswa MI

Purbalingga – Dalam rangka mengenalkan teknik permainan sepak bola yang benar kepada para siswa, Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan kegiatan Pembelajaran Permainan Besar bagi Siswa MI di wilayah Kecamatan Karanganyar.

Kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Desa Bungkanel  Kecamatan Karanganyar ini diikuti oleh 130 siswa dari Madrasah Ibtidaiyah se-wilayah Karanganyar, Sabtu (07/10). Salah satu guru pendamping, Suratno menjelaskan tiap MI mengirimkan 10 orang siswa terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan didampingi oleh seorang guru olah raga/ Penjas. Kegiatan pembelajaran ini dimaksudkan untuk memberikan pengenalan teknik permainan bola sepak yang benar kepada siswa, sehingga tercapai tujuan pembelajaran sebagaimana yang dituntutkan di dalam kurikulum pendidikan.

“Yang dikirimkan siswa kelas 4, 5, dan kelas 6  karena materi permainan bola besar ada dalam kurikulum kelas tersebut,” jelas Chaerudin.

Sedangkan Ketua Pengurus KKG Penjas MI Kecamatan Karanganyar, Muji Rantono yang juga bertugas sebagai instruktur menjelaskan bahwa permainan bola besar bagi mayoritas siswa madrasah terutama siswa laki-laki merupakan jenis permainan olah raga yang sangat digemari. Namun sering siswa melakukan permainan ini di waktu senggangnya tanpa sempat mempelajari teknik permainannya dengan benar.

“Kegiatan ini bukan sekedar pengenalan teknik permainan bola yang benar, tetapi  juga berlatih mempraktekkannya. Setelah proses pemanasan dan pengenalan teknik bermain, lapangan kita bagi menjadi 4 untuk wahana praktek siswa. Saat game berlangsung, para guru olah raga bertugas menjadi pendamping dan pengawas kegiatan. Sesuai dengan jadwal kegiatan ini berlangsung selama 4 x 35 menit,” ungkap Muji .

Muji juga menjelaskan bahwa kegiatan KKG MI Bidang Penjas sudah lama dilaksanakan. Tetapi untuk praktek pembelajaran permainan besar baru bisa terlaksana. Di waktu yang akan datang, KKG Penjas juga merencanakan untuk menyelenggarakan kegiatan yang sama dengan cabang olah raga yang berbeda. (sar/gt)