Konsolidasi Kehumasan: Wujudkan SDM yang Representatif dan Profesional

Solo (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng dalam hal ini diwakili oleh Kabag TU, Fajar Adhy Nugroho membuka resmi kegiatan Sosialisasi, Koordinasi, dan Konsolidasi Kehumasan serta Pengelolaan Website pada Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di The Sunan Hotel, Solo, Selasa (12/10).

Didampingi oleh Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Nurzaini yang turut menyampaikan tujuan dari terselenggaranya kegiatan hari ini dalam laporannya selaku Ketua Panitia.

“Jadi kegiatan hari ini sebagai langkah pengoptimalisasian tugas dan fungsi kehumasan baik di lingkungan Kanwil maupun Kankemenag Kab/Ko, goalnya adalah terbentuknya kelompok kerja (pokja) hingga nantinya para pranata humas mampu mendapat angka kredit yang diharapkan,” tutur Nurzaini.

Selaras dengan yang disampaikan Nurzaini, Kabag TU pun setuju untuk para JFT Pranata Humas supaya dapat membentuk pokja untuk mewujudkan Humas Kemenag Jateng Majeng dalam sambutan dan pengarahannya serta membuka secara resmi kegiatan malam hari ini.

“Sedianya kita ingin mengadakan kegiatan ini secara komprehensif, hasilnya kita perlu membentuk organisasi atau pokja yang dalamnya terwujud SDM yang representatif dan profesional,” tutur Fajar.

“Fungsi humas seperti dokumentasi, publikasi dan pengelolaan web dapat kita maksimalkan. Nantinya bila seluruh satker paham tentang fungsi kehumasan maka Kanwil dan Kankemenag dapat saling mendukung dengan koordinasi dan kolaborasi,” imbuhnya.

Sementara untuk mendukung publikasi, hadir juga dalam acara Tim IT Kanwil Kemenag Prov. Jateng mensosialisasi pengelolaan website baru dan konten sosial media yang disampaikan oleh Akira.

“Jadi website terbaru ini merupakan lanjutan dari website yang lama dengan fitur yang lebih banyak dan lebih fleksibel bagi kontributor berita per daerah serta editor di Kanwil,” tutur Akira ketika memberikan tutorial bagaimana menggunakan fitur-fitur di website yang baru.

“Untuk konten sosial media, tim Humas Kanwil Kemenag Prov. Jateng telah menyediakan template konten sosmed melalui aplikasi canva, sehingga teman-teman dari daerah tinggal merubah foto dan informasinya saja,” imbuhnya.

Rangkaian kegiatan Sosialisasi, Koordinasi dan Konsolidasi Kehumasan dilaksanakan selama 2 hari, Selasa s.d Rabu, 12-13 Oktober 2021 dan diikuti oleh perwakilan JFT Pranata Humas serta JFU yang menangani kehumasan di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng. (pqq)