KUA Kecamatan Ngluwar Inisiasi Terbentuknya DMI Kecamatan

Magelang – Dewan Masjid  Indonesia (DMI) hadir untuk menguatkan kembali peran dan fungsi spiritual masjid. Seiring dengan majunya peradaban yang ditandai dengan bergesernya budaya karena ilmu pengetahuan dan teknologi, peran dan fungsi spiritual masjid akan semakin terkikis dengan proses hedonisme, materialisme, dan kapitalisme. Dengan demikian, fungsi dan peran masjid sebagai sumber kekuatan umat harus terus menerus diupayakan.

Hal tersebut disampaikan Kepala KUA Kec. Ngluwar Mustaqim, dalam rapat koordinasi pembentukan DMI Tingkat Kecamatan Ngluwar, Jumat (03/03).  Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Ngluwar Kunta Hendradata, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan Penyuluh Agama Non PNS.

Mustaqim menyampaikan bahwa inisiasi rapat tersebut adalah sebagai tindak lanjut dari edaran Pengurus DMI Kabupaten Magelang untuk membentuk DMI di kecamatan Ngluwar.

“Momen rapat ini bisa digunakan untuk membentuk pengurus DMI tingkat Kecamatan sebagai tindak lanjut surat edaran dari Pengurus  DMI Kabupaten Magelang,” katanya. 

“Kehadiran DMI ini akan meningkatkan pengelolaan masjid di wiilayah Kecamatan Ngluwar sebab kehadiran masjid sebagai sumber kekuatan umat harus terus diupayakan, ” kata Mustaqim.

“Pemberdayaan masjid ini penting agar generasi-generasi kita tidak kehilangan hubungan (konektivitas) dengan masjid, sebab jauhnya generasi dengan masjid sangat berbahaya untuk masa depannya.” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Mustaqim mengenalkan delapan orang Penyuluh Agama Islam Non PNS hasil rekrutmen di Kementerian Agama beberapa waktu lalu. 

“Para Penyuluh Agama Non PNS ini merupakan kepanjangan tangan Kementerian Agama kepada tokoh agama dan masyarakat agar memudahkan dalam berkoordinasi dan bekerja sama demi meningkatkan kualitas kehidupan beragama di wilayah kecamatan Ngluwar. “Jelasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Mustaqim, Camat Ngluwar Kunto Hendradata menyambut baik kehadiran para Penyuluh Agama Islam Non PNS dan berharap dapat membawa manfaat  dan dapat meningkatkan wawasan dan pengamalan agama yang lebih baik di masyarakat.

Terkait dengan rencana pembentukan DMI di Kecamatan Ngluwar, Kunto mengharapkan kesediaan pribadi yang ditunjuk sebagai hasil keputusan rapat untuk memajukan dan memakmurkan masjid di wilayah kecamatan Ngluwar.

“Kami mohon dukungan para tokoh agama dan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan keagamaan di wilayah masing-masing. Hal ini mampu membawa dampak positif bagi situasi dan kondisi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupannya,” harap Kunto. (nuryati-m45k/Af).