Kunja Kakanwil Kemenag Jateng ke KUA Sidorejo Salatiga

Salatiga — Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad melaksanakan Supervisi dan Monitoring PNBP NR dan Pelayanan Nikah di Masa Pandemi Covid-19 Semester I Tahun 2021 di KUA Tingkir dan KUA Sidorejo, Rabu (02/06). Didampingi oleh Kepala Kankemenag Kota Salatiga, Taufiqur Rahman dan Kasi Bimas Islam, Nurcholis, kedatangan Kakanwil disambut hangat oleh Kepala KUA Tingkir dan Sidorejo beserta jajarannya.

Dalam monitoringnya, Mustain memberikan pembinaan singkat kepada pegawai KUA. Ada tiga hal penting yang beliau sampaikan. Pertama, sebagai pegawai di Kementerian Agama wajib bersyukur atas pilihan yang telah ditentukan selama ini. Banyak orang yang menginginkan bekerja di Kemenag sekarang. Kedua, Revitalisasi KUA. Revitalisasi KUA menjadi salah satu program utama Gus Menteri selain terus menggelorakan semangat moderasi dan toleransi. Ketiga, seluruh keluarga besar Kemenag harus menjadi teladan dalam menerapkan protokol kesehatan, dalam rangka tetap meminimalisir penyebaran virus Corona-19.

Selain itu, Musta’in menjelaskan bahwa revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama. Adapun 7 kebijakan Kementerian Agama yang menjadi program prioritas pada rakernas Tahun 2021 meliputi; penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, cyber Islamic university, kemandirian pesantren, tahun toleransi 2022, dan religiosity index

Mustain berharap seluruh jajaran KUA dapat melaksanakan semangat baru Kementerian Agama yang diimplementasikan dalam tiga hal yaitu moderasi beragama, perbaikan tata kelola organisasi dan pencanangan tahun toleransi. (Humas/Fitri-Murtadho)