Langkah Inovatif Melalui Layanan Kesehatan Gratis

Kebumen – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI), Kecamatan Pejagoan menggandeng RSU PKU Muhammadiyah Sruweng, mengadakan kegiatan Bhakti Sosial berupa Layanan Kesehatan Gratis, Senin (8/10) di Balai Desa Pejagoan.

Ketua FKPAI Kecamatan Pejagoan, Lukman, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program yang terjadwal setiap 2 bulan sekali.

“Setiap 2 bulan sekali kami menggandeng RSU PKU Muhammadiyah Sruweng untuk mengadakan layanan kesehatan gratis, dan ini sudah berjalan kurang lebih selama 2 tahun,” papar Lukman.

Kepala Kankemenag Kebumen melalui Penyuluh Agama Islam Fungsional Pejagoan, H. Kholid Fikri, S.Ag mengatakan, Kementerian Agama sangat merespon baik kegiatan dari tersebut.

“Kegiatan baksos berupa layanan kesehatan gratis ini merupakan langkah inovatif FKPAI dalam pelaksanaan pelayanan umat,” kata Kholid Fikri.

Menurut salah satu aparat pemerintah desa Pejagoan, sebanyak 200 warga telah mendapatkan undangan untuk layanan tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat terkait diantaranya Camat Pejagoan, Kades Pejagoan, Polsek Pejagoan, Direktur RSU PKU Muhammadiyah Sruweng dan juga Penyuluh Agama Islam Fungsional wilayah Kecamatan Pejagoan.

Direktur RSU PKU Muhammadiyah Sruweng, dr. H. Hasan Bayuni mengatakan, bahwa kegiatan baksos tersebut merupakan pesan dari para staff PKU Muhammadiyah Sruweng, agar layanan kesehatan tidak sekedar dilaksanakan di tempat mereka bekerja.

“Hingga akhirnya kami melaksanakan layanan kesehatan gratis ini, disini bekerjasama dengan FKPAI Kecamatan Pejagoan,” ucap Hasan Bayuni.

Melalui perbincangan intensif bersama para pejabat saat kegiatan berlangsung, Lukman yang juga selaku Ketua FKPAI Kabupaten Kebumen menyampaikan, rencana untuk membuat kegiatan serupa dengan cakupan wilayah yang lebih luas.

“Beberapa waktu kedepan rencananya kita akan membuat kegiatan serupa dengan cakupan wilayah se-Kabupaten Kebumen,” ujar Lukman kembali.(pt/sua)