Latih Kemandirian 333 Anggota Pramuka Dikukuhkan

Tegal (Slawi) –Sebanyak 333 Anggota pramuka dari Gugus Depan  (Gudep) MIN Pecabean yang terdiri dari Pramuka Siaga 204 anak, Pramuka Penggalang 129 anak, dikukuhkan oleh Kamabigus MIN Pecabean Shofar Sholahudin Bisri Jum’at (16/03) di halaman MIN Pecabean. Pengukuhan tersebut dihadiri oleh Perwakilan dari Kwarran Pramuka Kecamatan Pangkah Rava Herda yang sebelumnya sudah diadakan berbagai macam kegiatan selama 2 (dua) hari.

Kamabigus MIN Pecabean menuturkan, kegiatan pengukuhan ini adalah sebagai follow up para siswa yang sudah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di madrasah.“Kepada kalian para pramuka siaga dan penggalang, harus bisa menjadi lebih baik, amalkan Dasadharma dan Dwisatya yang tadi sudah dibacakan oleh teman kalian, kalian harus nurut sama orang tua, tidak gampang menangis dan terutama lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT,” jelas Shofar Sholahudin Bisri.

Kegiatan yang dimulai pada hari Kamis (15/03) diberi nama Perkaju (Perkemahan Kamis Jum’at) berjalan lancar dan sesuai jadwal. Materi yang diujikan oleh Pramuka Siaga yatiu Materi Keagamaan, Pengetahuan Umum Kepramukaan (PUK), Pasukan Baris Berbaris (PBB), Seni Budaya dan Kemampuan Indera Mencium (KIM) dan materi untuk Pramuka Penggalang yaitu materi keagamaan, sandi kotak, kelengkapan pakaian seragam, Pengetahuan Umum Kepramukaan (PUK), tali temali, Pasukan Baris Berbaris (PBB), dan Yel-yel. “Alhamdulillah Kegiatan Perkaju ini dapat terlaksana, kami berharap semua anggota pramuka baik siaga maupun penggalang dapat menerapkan nilai-nilai Dasadharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Pembina ekstrakurikuler pramuka juga menyampaikan rasa bangga dan berharap kegiatan semacam ini dapat dipertahankan, “Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada pihak madrasah yang sudah mensukseskan kegiatan ini, kami berharap kegiatan ini tidak akan pernah mati, karena kegiatan ini sangat bagus dan menjadi daya tarik tersendiri di mata anak-anak pada khususnya dan untuk masyarakat sekitar madrasah.” tuturnya.

Salah satu anggota pramuka penggalang yang telah ikut dikukuhkan juga menyampaikan terima kasih kepada para pembina dan Kamabigus MIN Pecabean. “Kami senang sekali mengikuti kegiatan Perkaju ini, banyak ilmu dan pengalaman yang sudah kami dapat dan kami juga berjanji akan berusaha mengamalkan Dasadharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.” ungkapnya. (mst/za/rf)