Latih Kepemimpinan Siswa dengan LDK

Rembang – Setiap individu mempunyai potensi untuk memimpin. Di madrasah, OSIM berfungsi untuk mengasah kepemimpinan siswa dalam berbagai macam bentuk kegiatan. Oleh karena itu, perlu diadakan penajaman dasar kepemimpinan tersebut melalui sebuah kegiatan.

MTsN 4 Rembang  mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk para pengurus OSIM periode 2019-2019 di lingkungan MTsN 4 Rembang pada Sabtu – Minggu (23-24/2/2019). Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta didik MTsN 4 Rembang dengan beberapa materi. Materi yang disampaikan antara lain, keorganisasian, kepemimpinan, dinamika kelompok, administrasi keanggotaan OSIM, general clean up dan Kedisiplinan baris berbaris. Untuk materi baris berbaris, disampaikan oleh Koramil Sumber.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, kegiatan ini memberikan konsep dasar keorganisasian dan kepemimpinan. “LDK ini bertujuan untuk melatih, mengembangkan potensi diri siswa, dan memupuk jiwa kepemimpinan siswa yang tergabung dalam pengurus OSIM,” kata Masrum.  

Dikatakan Masrum, pemimpin-pemimpin besar, awalnya juga lahir dari kegiatan dan aktif di organisasi sekolah. “Banyak sekali hal-hal yang dapat dipelajari sebagai seorang organisatoris mulai dari manajemen waktu, problem solving, bekerja secara team work dan lain-lain,” kata Masrum.

Ketua OSIS MTsN 4 Rembang, Napulion Bayu Saputra mengatakan, LDK ini bermanfaat untuk memberikan pembakalan, orientasi dan sangat membantu pengurus OSIM untuk melaksanakan program kerja OSIM.

“OSIM adalah organisasi wakil dari seluruh peserta didik di MTsN 4 Rembang. Kami sangat perlu bimbingan dari para guru agar kami bisa menjalankan organisasi ini dengan baik,” ujar Masrum.

Dengan dukungan semua pengurus dan semua siswa MTsN 4 Rembang, Bayu berharap organisasi ini akan berkembang dengan berbagai kegiatan yang menarik dan inovatif. – dwi/iq