Lomba Kreatifitas Anak RA/BA, Kembangkan Potensi Anak Usia Dini

Klaten – Upaya menumbuhkembangkan bakat dan minat anak usia dini, Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Klaten mengadakan Lomba Kreatifitas Anak RA/BA yang bertempat di Aula Al Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten,(21/10).

Lomba kreatifitas anak yang diikuti 300 peserta oleh perwakilan RA/BA se Kabupaten ini yang dibuka oleh Kasi Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dengan lomba menggambar, mewarnai, memilih biji-bijian, gerak dan lagu serta praktek sholat.

Maryani, Ketua IGRA Kabupaten Klaten mengatakan, lomba ini diadakan dalam rangka Harlah IGRA ke I5 PD IGRA Kabupaten Klaten dengan tujuan untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi anak serta penyaluran bakat, melatih keselarasan motorik, penguatan percaya diri, pengembangan afeksi dan komunikasi aktif.

“Selain itu sebagai wahana saling bersilaturrahim antar RA/BA se Kabupaten Klaten, sharing pengetahuan antar peserta didik serta melatih dan memupuk mental anak usia dini,” tegas Maryani

Sementara itu, Wahib, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Klaten menuturkan, Harlah IGRA yang dipadu dengan berbagai kegiatan ini, selain mengandung makna yang positif bagi perkembangan anak-anak juga dapat menstimulasi daya kreatif bagi mereka.

“Saya menyambut positif kegiatan ini, karena dapat bermanfaat bagi perkembangan jiwa anak-anak,” ungkapnya. Wahib mengatakan bahwa dalam dunia pendidikan, seorang anak diibaratkan sebagai kertas putih yang belum ternoda. Dalam perjalanan waktunya, mereka itu bisa ditulis dengan tinta emas atau tinta kegelapan, tergantung yang menulisnya.

Kantor Kemenag Klaten memberikan apresiasi yang setingi-tingginya atas usaha yang mulia ini oleh PD IGRA, kreatifitas anak usia dini di pupuk, dibina serta yang berprestasi diberikan penghargaan.

“Menyambut baik juga acara Harlah yang dipadu dengan berbagai kegiatan lomba. Apalagi kegiatan ini juga diwarnai dengan berbagai perlombaan seperti mewarnai, lomba praktek sholat, menggambar,” tandasnya.

Kegiatan yang digagas PD IGRA Kab. Klaten selain dapatĀ  mengasah keberanian anak didik untuk berani tampil di khalayak umum dan juga sebagai ajang silaturahmi untuk meningkatkan ukhuwah antar guru RA/ BA di Kab. Klaten

“Selain dapat meningkatkan kejujuran dan keberanian bagi seorang anak untuk tampil ke depan, juga kegiatan ini dapat menjadi sarana meningkatkan ukhuwah antar guru RA/BA se Kabupaten Klaten,” imbuh Wahib.

Dan diharapkan, ke depannya akan banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bernuansa positif yang dapat memberikan perkembangan kretifitas yang bagus bagi seorang anak, menuju anak yang kreatif, cerdas dan berakhlakul kharimah.(aj/Wul)