Lomba Sepak Bola Api Meriahkan Peringatan HSN Tahun 2021 Di Kota Magelang

Kota Magelang – Malam ini Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kankemenag Kota Magelang berksempatan membuka lomba sepak bola api bagi para santri di wilayah Kota Magelang yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Tidar di Kampung Dudan Tidar Utara Kecamatan  Magelang Selatan Kota Magelang. (Ahad, 10/10).

Lomba sepak bola api yang digelar malam ini diikuti tidak hanya oleh para santri dari pesantren saja, akan tetapi juga dari ormas keagamaan Islam seperti GP Ansor dan Banser dari masing-masing tingkat kecamatan.  Keseruan perlombaan sepak bola api dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 tersebut diiringi juga oleh perasaaan khawatir. Bagimana tidak, bola yang disepak terbungkus api yang menyala-nyala. Akan tetapi dengan segala ketrampilan dan ketangkasan yang dimiliki oleh para santri, alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar tanpa insiden apapun hingga akhir perlombaan.

Dalam kata sambutannya Kasi Pakis kankemenag Kota Magelang mengatakan “Atas nama Kementerian Agama Kota Magelang kami mengucapkan terimaksih dan mengapresisasi pondok pesantren di wilayah Kota Magelang yang telah berinisiatif, dan secara terintegrasi dalam menyelenggarakan berbagai rangkaian lomba dan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional Tahun 2021” tutur Fathurrohim.

“Sepak bola api merupakan salah satu tradisi lomba yang di lestarikan oleh sebagian besar pesantren di Indonesi. Keunikan ini tentunya menjadi ciri khas pesantren yang tidak boleh terhenti pada generasi sekarang saja. Akan tetapi yang paling utama dalam kegiatan ini adalah keselamaan, hindari kecelakaan karena lomba ini bersifat body contact. Apalagi dengan bola yang terbalut api, beresiko lebih tinggi ”ujar Fathurrohim mengingatkan.

Semoga dengan berbagai rangkaian lomba dan kegiatan yang laksanakan dalam rangka memperingati HSN Tahun 2021 ini, merupakan implementasi dari semangat para santri dalam mengembangkan diri dan berpartisipasi dalam mengisi pembangunan bagi bangsa dan negara. (Hari).